PENYULUHAN – MENGEMBANGKAN MORAL REMAJA MELALUI AKTIVITAS BERMAIN

0
Dibaca 1.035

Mata kuliah Program Pengelolaan Pembelajaran merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa angkatan 2012 jurusan pendidikan non formal Universitas Negeri Surabaya. Salah satu syarat untuk lulus mata kuliah ini adalah harus melakukan microteaching sesuai dengan yang diminatinya. Dalam mata kuliah ini saya memilih Pengabdian Masyarakat sebagai wadah untuk simulasi pada mata kuliah ini. Pengabdian masyarakat dibagi menjadi dua program yaitu Pelatihan dan Penyuluhan. Dalam hal ini saya memilih untuk menyelenggarakan penyuluhan. Berikut merupakan alasan memilih program penyuluhan dalam pengabdian masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar Moral, namun pada kenyataannya hanya sebagian orang yang dapat menerapkan moral yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Etika merupakan ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Istilah Moral berasal dari bahasa Latin. Bentuk tunggal kata ‘moral’ yaitu mos sedangkan bentuk jamaknya yaitu mores yang masing-masing mempunyai arti yang sama yaitu kebiasaan, adat.

Moral dan etika itu hampir sama, yang membedakan hanya bahasa asalnya saja yaitu ‘etika’ dari bahasa Yunani dan ‘moral’ dari bahasa Latin. Jadi bila kita mengatakan bahwa perbuatan pengedar narkotika itu tidak bermoral, maka kita menganggap perbuatan orang itu melanggar nilai-nilai dan norma-norma etis yang berlaku dalam masyarakat. Atau bila kita mengatakan bahwa pemerkosa itu bermoral bejat, artinya orang tersebut berpegang pada nilai-nilai dan norma-norma yang tidak baik.

Moral menjadi penting karena dalam kehidupan sehari-hari, bisnis, sekolah, bermasyarakat, dan lain sebagainya. Harus di dukung oleh sikap dalam tutur kata yang baik dan tingkah laku (perbuatan) yang baik pula, karena pada dasarnya seseorang akan melihat cara kita berbicara dan tingkah laku kita saat berbicara dengan lawan bicara kita. Missalnya, jika kita tidak dapat bertutur kata dengan baik dalam dunia bisnis, rekan bisnis kita pasti akan merasa kecewa karena semula ingin bekerja sama dengan anda, karena melihat dari segi tutur kata atau tingkah laku anda kurang baik, itu akan menjadi minus bagi anda di mata rekan bisnis anda.

Begitu juga dalam bermasyarakat, jika dalam lingkungan perumahan atau sekitar rumah tidak dapat menjaga moral, secara sikap dan tingkah laku maka dalam kehidupan bermasyarakat anda akan mendapatkan predikat yang kurang baik.

Penanaman moral saat cenderung memberikan tekanan bagi para remaja. Menanamkan moral sangat penting dalam membentuk pribadi seseorang. Yang perlu untuk direfleksi adalah bagaimana cara kita menanamkan moral. Sedangkan menanamkan moral itu menjadi wajib mengingat perlunya bertingkah laku baik dalam kehidupan sehari-hari.

Kaitannya dalam membentuk moral bisa dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan cara permainan yang dilakukan para remaja. Tidak melulu dengan arahan dan tuntutan saja. Remaja yang bermain cenderung dalam kondisi yang nyaman. Ketika seorang remaja dalam kondisi yang nyaman maka akan mudah menerima sebuah informasi atau pengarahan pada mereka.

Maka dari itu dirasa penting pengantar menyampaikan tentang Mengembangkan Moral Remaja Melalui Aktivitas Bermain.

Sumber : http://firdaussardiyanto.blogspot.co.id/2016/06/penyuluhan-mengembangkan-moral-remaja.html

  Modul Penyuluhan Mengembangkan Moral Remaja Melalui Aktivitas Bermain Di download (unknown, 81 hits)

Tinggalkan Balasan