Peran Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dalam Pengembangan SDM di NTB

1
Dibaca 3.253

8plsHimpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Sekolah  Fakultas Ilmu Pendidikan Mataram sebagai wadah berhimpunnya mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) semakin menunjukkan eksistensi dan kiprahnya dalam pengembangan SDM di NTB khususnya di  IKIP Mataram.

Kegiatan  Tri Dharma Perguruan Tinggi semakin digalakkan dalam berbagai bentuk dan cara, sehingga bisa dikatakan HMJ PLS menjadi salah satu HMJ yang cukup aktif di IKIP Mataram selain HMJ Biologi dan Matematika.

Pada awal dan pertengahan bulan Juni inii, PLS IKIP Mataram telah melaksanakan beberapa kegiatan besar diantaranya menerima kunjungan dan berdialog dengan mahasiswa PLS Universitas Negeri Malang (UM) Jawa Timur dan seminar profesi “peran PLS dalam pengembangan SDM di NTB”. Seminar profesi dlaksanakan pada hari Rabu tanggal 12 Juni tahun 2013 bertempat di Ruang Sidang Bacalah, Lantai II Gedung Dwitya IKIP Mataram.

Seminar diikuti oleh ratusan mahasiswa PLS, Staf Pimpinan dilingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram serta nara sumber yaitu Hariyanto, M.Pd (Kepala Seksi Program BP PAUDNI Region V Nusa Tenggara Barat) dan Lalu Nasrullah Wijaya, SH.,M.Pd (Kepala Forum PKBM Nusa Tenggara Barat).

Seminar profesi merupakan agenda tahunan HMJ PLS yang ditujukan sebagai salah satu upaya akademis dalam membangun pemahaman tentang pentingnya peran PLS dalam pengembangan SDM di Nusa Tenggara Barat.

Untuk diketahui, Pendidikan Luar Sekolah (PLS) pada awalnya terlahir dengan nama Program Studi Pendidikan Sosial. Saat ini kemudian berganti nama menjadi PLS  (SK BAN-PT No. 004/BAN-PT/Ak-XIV/V/2011) yang memfokuskan diri pada kajian-kajian di luar sistem persekolahan. PLS merupakan salah satu sub sistem dalam sistem pendidikan nasional yang diarahkan pada penyiapan tenaga yang berkemampuan mengelola satuan pendidikan luar sekolah, memfasilitasi proses pembelajaran dan memperhatikan warga belajar dalam berbagai dimensinya, mengarahkan pada kepemilikan dan perkembangan intelegensi, kebutuhan belajar, ketrampilan belajar, ketrampilan fungsional, ketrampilan wirausaha, pengembangan sikap dan kepribadian profesioanl serta kemandirian masyarakat.

Prospek bidang pekerjaan lulusan Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah adalah sebagai pengelola dan pengembang program PLS/PNFI serta fasilitator pembelajaran pada lembaga-lembaga PLS?PNFI, yang meilputi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Orang Dewasa, Pendidikan Kepemudaan, Pendidikan Kesetaraan, Pendidikan Keaksaraan Fungsional, Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat, Pendidikan Kecakapan Hidup dan Pelatihan Kerja serta Pendidikan dan Pelatihan yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

MARI BERGABUNG DENGAN PLS DALAM MENGEMBANGKAN SDM DI NUSA TENGGARA BARAT

sumber http://ikipmataram.ac.id/berita-487-seminar-profesi-peran-pendidikan-luar-sekolah-pls–dalam-pengembangan-sdm-di-ntb.html

1 KOMENTAR

  1. Selasa, Pada tanggal 19 februari 2013 Jurusan pendidikan luar sekolah (PLS), fakultas ilmu pendidikan UNY mengadakan Kluliah umum di abdulah sigit FIP UNY. Tema yang di ambil dalam acara tersebut adalah “pencerahan PLS bagi masyarakat” dengan pemberi kuliah Prof. Dr. Sodiq A. Kuntoro, M.Ed. Dalam kuliah umum ini juga di ikuti oleh mahasiswa IKIP mataram.

Tinggalkan Balasan