PERANAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

SANTI PURWANTI. PERANAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN KEJAR PAKET A SETARA SD. (Studi Deskriptif d...

Lima Jari untuk KETUMAMOYA _ 2
Kegiatan IMADIKLUS Training 1 UIKA Bogor

SANTI PURWANTI. PERANAN TUTOR DALAM
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM
PROSES PEMBELAJARAN KEJAR PAKET A SETARA SD. (Studi
Deskriptif di PKBM Bina Bakti Muda Desa Padamulya Kecamatan Cipunagara
Kabupaten Subang).

Permasalahan penelitian : “Bagaimana upaya tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada proses pembelajaran kejar paket A setara SD di PKBM Bina Bakti Muda Desa Padamulya? Permasalahan penelitian ini dengan tujuan: (1) Motivasi belajar peserta didik pada pelaksanaan proses pembelajaran paket A setara SD di PKBM Bina Bakti Muda Desa Padamulya Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang. (2) Upaya tutor dalam memotivasi belajar peserta didik pada proses pembelajaran di kejar paket A setara SD di PKBM Bina Bakti Muda Desa Padamulya Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang. (3) Faktor-faktor penghambat tutor dalam memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran kejar paket A setara SD di PKBM Bina Bakti Muda Desa Padamulya Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang. Pertanyaan penelitian yang diajukan penulis adalah : (1) Apakah benar, rendahnya motivasi belajar peserta didik kejar paket A Setara SD dipengaruhi oleh tingkat usia dan jenis pekerjaan ?, (2) Apabila benar, bagaimana upaya tutor dalam meningkatkan motivasi peserta didik kejar paket A Setara SD ?, (3) Faktorfaktor apa yang menjadi penghambat tutor dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran pada kejar paket A Setara SD di PKBM Bina Bakti Muda Desa Padamulya Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang ?
Landasan teori dalam penelitian ini mengacu pada konsep program kejar paket A, konsep pembelajaran, konsep motivasi, konsep pendidik atau tutor, dan konsep pendidikan orang dewasa. Metode yang digunakan adalah metode deskripif dengan pendekatan kuantitatif dan alat pengumpul data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi literatur. Sedangkan sampel penelitian di lapangan sebagai sumber data adalah seluruh peserta didik kejar paket A Setara SD, yang berjumlah 20 orang dengan seorang tutor. Secara empirik hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut, bahwa: (1) Motivasi belajar peserta didik kejar paket A Setara SD dikategorikan rendah karena faktor usia dan pekerjaan mereka.(2) Adanya peran yang dilakukan tutor agar motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran meningkat. (3) Dalam melaksanakan pembelajaran tutor mengalami hambatan baik dari diri sendiri maupun dari lingkungan luar seperti masyarakat ataupun pihak penilik Pendidikan Luar Sekolah.

DOWNLOAD FILE LENGKAP

  PERANAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KEJAR PAKET A SETARA SD Di download (7,4 KiB, 664 hits)