Perbaikan Ekonomi Bagi Kaum Miskin Guna Meningkatkan Akses Pendidikan Formal

Perbaikan Ekonomi Bagi Kaum Miskin Guna Meningkatkan Akses Pendidikan Formal Oleh Laily Rizky Amalia Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi kekurang...

Harapan yang Ingin Saya Lakukan Setelah Lulus dari Pendidikan Luar Sekolah
Persepsi Pengecer Koran Tentang Pekerjaannya Dan Status Ekonomi Sosial Keluarga

Perbaikan Ekonomi Bagi Kaum Miskin Guna Meningkatkan Akses Pendidikan Formal

Oleh
Laily Rizky Amalia

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi kekurangan hal-hal yang biasa untuk dipunyai seperti makanan , pakaian, tempat berlindung dan air minum, hal-hal ini berhubungan erat dengan kualitas hidup. Kemiskinan kadang juga berarti tidak adanya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan yang mampu mengatasi masalah kemiskinan dan mendapatkan kehormatan yang layak sebagai warga negara. Kemiskinan merupakan masalah global, sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.Istilah “ negara berkembang” biasanya digunakan untuk merujuk kepada negara-negara yang “ miskin “.

Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara, pemahaman utamanya mencakup :

Gambaran kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan pasar. Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial, ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi, keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan,karena hal ini mencakup masalah–masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi. Gambaran tentang kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai makna “memadai” di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi di seluruh dunia.

     Kemiskinan dapat dibedakan menjadi tiga pengertian :

1. kemiskinan relatif: Seseorang yang tergolong miskin relatif sebenarnya telah hidup di atas garis kemiskinan namun masih berada di bawah kemampuan masyarakat sekitarnya.

2. kemiskinan kultural : Sedang miskin kultural berkaitan erat dengan sikap seseorang atau sekelompok masyarakat yang tidak mau berusaha memperbaiki tingkat kehidupanya sekalipun ada usaha dari pihak lain yang membantunya.

3 kemiskinan absolut : Sejumlah penduduk yang tidak mampu mendapat sumberdaya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Artikel lengkap silahkan download di sini Perbaikan Ekonomi Bagi Kaum Miskin Guna Meningkatkan Akses Pendidikan Formal

COMMENTS

WORDPRESS: 0