Perjalanan KKNI di Malang (versi mahasiswa PLS UM-UNY-UNESA-Mulawarman)

1
Dibaca 2.611

Cerita tanpa tinta ini dibuat untuk memberikan sebuah cerita perjalanan teman-teman imadiklus yang datang pada acara KKNI di Malang tanggal 9-11 mei 2013.

Acara KKNI sebenarnya di mulai dari tanggal 9-11 mei 2013, tapi teman-teman imadiklus ada yang datang lebih awal. 8 mei PLS UNY ada yang sudah sampai di Kota Malang, menyusul kemudian tanggal 9 mei 2013 (pagi) PLS UNY yang lain dan PLS UNESA tiba di Kota Malang. Seperti biasa, hotel bintang 5 (numpang kos-kosan) menjadi favorit penginapan ketika teman-teman imadiklus melakukan kegiatan di luar, tapi ini tidak mengecilkan semangat PLS yang sudah ada pada diri mereka.

Tanggal 9 mei 2013 tepat pukul 10.00wib kami berkumpul di kos pengurus wilayah 1 imadiklus, sekaligus menjadi basecamp sementara kegiatan di Malang. Sharing, saling tanya kesibukan, dan kabar mengiringi pertemuan kami di siang itu. Ujung dari pertemuan siang itu adalah mempertanyakan sekaligus membahas kesiapan UNY dalam agenda kongres 4 imadiklus tahun 2013 ini dan agenda IT 2 yang rencana akan di gabung antara wilayah 1 dan 2. Cuplikan hasil pada pertemuan tersebut adalah UNY akan koordinasi internal terkait kongres imadiklus, mempersiapkan koordinasi IT2 di wilayah 1, dan tersusunnya panitia (sementara) persiapan kegiatan kongres imadiklus. Turut hadir pada pertemuan itu Anis, Anisa, Yanti, Agung, Zaki, Puspita, Fitri.

Masih di tanggal 9 mei 2013, tak terasa waktu menunjukkan pukul 16.00wib kami pun bersiap untuk bersih diri (mandi, makan,dan istirahat). Pukul 19.00wib kami menuju hotel pelangi, tempat kegiatan temu kolegial dilaksanakan. Sampai di lokasi kami disambut oleh mantan wakil ketua imadiklus (Ilmar PLS UNM sekarang S2 di UM) dengan canda tawa sambutan terasa begitu hangat, maklum sudah beberapa tahun mulai dari 2009-an kami tidak bertemu. Dan disusul kemudian oleh advokasi imadiklus (bayu-uyab) yang langsung membawa kami ke ruang lobi hotel. Dari informasi yang kami peroleh pada malam itu, sedang dilakukan pembagian draf temu kolegial, dan karena suatu hal imadiklus belum bisa masuk di dalam forum dosen tersebut. Saat kami berbincang di lobi hotel, tak lama kemudian datang teman PLS Mulawarman berjumlah empat orang. Berbincangan kami semakin menarik karena PLS Mulawarman baru pertama menginjakkan kaki di Kota Malang dan baru tahu wajah-wajah pengurus imadiklus. Sharing perjalanan dan kegiatan PLS Mulawarman pun menjadi topik dalam pembicaraan malam itu. Tak terasa waktu menunjukkan pukul 22.00wib, kami berpindah lokasi ke tempat ngopi di daerah suekarnohatta (dekat miniatur pesawat terbang) Kota Malang setelah  mengantarkan PLS Mulawarman ke penginapan di sekitar UM (Kosabra).

Tanggal 10 mei 2013 pagi kami bersiap mengikuti seminar nasional di gedung A2 Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan seminar berlangsung dialogis dengan peserta dari forum-forum PLS, mahasiswa, akademisi, dan dinas. Yang disayangkan dari kegiatan seminar adalah Dirjen Paudni yang sudah diundang tidak hadir. Kegiatan seminar dilakukan mulai jam 08.00wib sampai sekitar pukul 14.30wib.

Tanggal 11 mei 2013, tidak ada kegiatan khusus (meng-formalkan) yang kami lakukan. Sehingga kami memutuskan untuk refresh jalan-jalan di Kota Malang mengingat hari minggu pagi pukul 04.00wib teman-teman PLS UNY-UNESA harus pulang. Diawali dengan kuliner burger buto Kota Malang. Setelah kenyang kami beranjak ke wisata paralayang (pukul 17.00WIB) bertempat di gunung banyak pujon, tapi sayang ketika sampai dilokasi sudah menjelang gelap dan pemandangan kota tertutup kabut dan udara yang sangat dingin. Beberapa saat diatas (lokasi) kami memutuskan untuk turun (pukul 19.00wib). perjalanan wisata berlanjut ke alun-alun Kota Batu hingga pukul 21.00wib. setelah puas, kami mampir di RM. “assalamualaikum” untuk makan malam. Yang kemudian berlanjut ke depan mess bhayangkara (dekat kampus UM) untuk bertemu dengan teman-teman PLS Mulawarman.

Dalam pertemuan itu terjadilah diskusi seru tentang PLS dan organisasi imadiklus. Maklum, PLS Mulawarman belum pernah ikut kongres imadiklus sehingga mereka tidak tahu tentang imadiklus. Diskusi tersebut memperkenalkan tentang imadiklus (sejarah, struktur, dan program kerja imadiklus). Sharing PLS adalah tentang keprihatinan teman PLS Mulawarman ketika masuk masa PPL, mereka tidak menuju objek PLS tapi malah mengajar SD, SMP, SMA di perbatasan malaysia. Pada diskusi itu diikuti 4 mahasiswa PLS mulawarman, Bayu, Agung, Zaki. Sedangkan PLS UNY belum bisa hadir dan harus istirahat karena kereta ke Surabaya yang sudah mereka pesan berangkat pukul 04.00WIB (pagi).

Demikian cerita yang bisa kami tulis dalam media tak bertinta ini, semoga bermanfaat. Untuk teman-teman pls se-indonesia yang tidak bisa mengikuti kegiatan bisa download materi yang sudah disiapkan oleh admin imadiklus.com. (kid)

2013-05-10 14.44.00

   Suasana seminar KKNI (penutupan)

 

 

 

 

417780_10151605680784489_2134654270_n

 

Foto bersama PLS UM-UNESA-UNY-Mulawarman

 

 

 

2013-05-09 12.57.14

 

suasana diskusi sehari sebelum semnas (bag 1)

 

 

 

2013-05-09 12.57.17

 

 

Suasana diskusi sehari sebelum semnas (bag 2)

 

 

 

2013-05-11 20.15.08

 

 

foto wisata di alun-alun Kota Batu

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan