Perkembangan Sosio Emosional Anak pada Masa TK SD SMP SMA

0
Dibaca 1.348

Perkembangan Sosio Emosional Anak pada Masa TK SD SMP SMA

Latar Belakang

Pada masa lampau, emosi biasanya sering sekali diabaikan dalam masalah studi atau pembelajaran mengenai perkembangan anak, baik itu mulai dari masih bayi sampai dengan masa dewasa. Emosi juga dapat menentukan bagaimana kepribadian dan penyesuain sosial anak terhadap lingkungan mereka. Kita juga dapat menilai bagaimana emosi tersebut dapat membentuk kepribadian anak yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Bagaiman pula karakteristik sosio-emosional anak, juga bagaimana implementasi anak dalam menunjukkan emosinya terhadap suatu hal. Namun, semua itu merupakan sekarang telah menjadi sebuah konseptualisasi yang semakin penting dalam suatu perkembangan anak. Bahkan, ketika pada masa bayi saja sudah menunjukkan berbagai emosi yang berbeda-beda, memperlihatkan tempramen-tempramen yang berbeda pula, dan juga membentuk suatu ikatan emosional kepada si pemberi stimulus. Namun, sebelum beranjak lebih dalam kita akan membahas lebih dalam. Kita akan mempelajari emosi dan bagaimana perkembangan yang terjadi pada masa TK/SD/SMP/SMA. Dan juga kita akan mempelajari bagaimana perkembangan sosio-emosional anak pada masa TK/SD/SMP/SMA.

Pembahasan

Pengertian Emosi Menurut Para Ahli

Emosi adalah luapan perasaan yang berkembang sebagai reaksi psikologis-fisiologis dan surut dalam waktu singkat. Emosi bersifat subyektif. Emosi ada yang bersifat positif dan ada yang negatif. Para psikolog mengkaji emosi dengan memberi perhatian yang sesuai dengan urgensinya dalam kehidupan manusia. Emosi punya pengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik manusia, serta pengaruh terhadap perilaku pribadi dan sosial. Emosi, dengan pengertian ini, berpengaruh terhadap segala aspek kepribadian individu, luar, dan dalam. Emosi dirasakan secara psiko-fisik karena terkait langsung dengan jiwa dan fisik.

  • Pengertian Emosi Menurut George Miller: Emosi adalah pengalaman seseorang tentang perasaan yang kuat, dan biasanya diiringi dengan perubahan-perubahan fisik dalam peredaran darah dan pernapasan, biasanya juga dibarengi dengan tindakan-tindakan pemaksaan.
  • Pengertian Emosi Menurut Angels: Emosi adalah kondisi perasaan yang kompleks, yang diiringi dengan beberapa gerakan atau aktivitas kelenjar. Atau, perilaku yang kompleks yang didominasi oleh aktivitas lambung atau organ-organ intrinsik.
  • Pengertian Emosi Menurut Dr. Muhammad Najaati: Emosi adalah kekacauan hebat yang meliputi segala aspek individu, dan berpengaruh terhadap perilakunya, perasaannya, dan fungsi vitalnya. Asalnya dia muncul dari faktor psikologis.
  • Pengertian Emosi Menurut Dr. Abdullah Abdul Hayy Musa: Emosi adalah perubahan tiba-tiba yang meliputi segala aspek individu, baik psikis maupun fisiknya.
  • Pengertian Emosi Menurut Stanley: Emosi adalah fondasi utama yang melandasi kelahiran dan perkembangan kekuatan mental.

Perkembangan Sosio Emosi pada anak TK/SD/SMP/SMA

Perkembangan sosio emosi anak TK

Perkembangan sosial dan emosional anak berkaitan dengan kapasitas anak untuk mengembangkan self confidence, trust  dan emphaty. Perkembangan sosial-emosional yang positif untuk kesuksesan dalam bidang akademik, kognitif, sosial, dan emosional dalam kehidupan anak tersebut.

Menurut Santrock 2007, perkembangan emosi dan sosial tidak terlepas peran dari faktor-faktor keluarga, relasi anak dengan teman sebayanya, dan kualitas bermain yang dilkukan bersama teman sebayanya. perkembangan emosi dan sosial anak mencangkup pencapaian serangkaian keterampilan dalam:

  1. Mengidentifikasi dan memahami perasaanya sendiri.
  2. Membaca dengan tepat dan memahami kondisi emosi orang/teman lain.
  3. Mengelola emosi dan mengekspresikan dalam bentuk yang kontstruktif.
  4. Mengatur prilakunya sendiri.
  5. Mengembangkan empati pada orang/teman lain.
  6. Menjalin dan memelihara hubungan.

Pada masa kanak-kanak awal, kepribadian emosi dan kepribadian anak-anak memperlihatkan perkembangan yang berarti. Seiring dengan proses ini, dunia mereka yang dulunya kecil kini menjadi terbuka lebih lebar, selain dari pengaruh relasi keluarga, kawan-kawan sebaya mulai berperan dalam perkembangan anak-anak dan mengisi kehidupan mereka sehari-hari.

 

Daftar Referensi

Santrock, J. W., 2012, Life Span Development: “Perkembangan Masa Hidup”, Jakarta,  Erlangga.

Santrock, J. W., 2007, Perkembangan Anak, Jakarta, Erlangga.

Hurlock, Elizabeth  B., 1978, Perkembangan Anak Jil. 1, Jakarta, Erlangga.

Santrock, J. W., 2011, Masa Perkembangan Anak: “Children”, Jakarta, Salemba Humanika.

selengkapnya download file di bawah ini, tinggalkan jejak komen anda tentang artikel ini.

  Perkembangan Sosio-Emosional Anak pada Masa TK/SD/SMP/SMA Di download (258,5 KiB, 275 hits)

By: Winda
PLS UM

igiarmasfufah@gmail.com

Tinggalkan Balasan