PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C, Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016

PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C, Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016 KATA SAMBUTAN Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia ...

PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET A, Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016
PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B, Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016

PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C,

Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016

KATA SAMBUTAN

Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat

Dalam rangkan menjalankan amanat UUD 1945, pembangunan pendidikan nasional diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisttem Pendidikan Nasional. Dalam pasal 13 ayar (1) UU tersebut ditegaskan bahwa “jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, non formal, dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya”. Artinya, ketiga jalur pendidikan tersebut merupakan satu kesatuan layanan pendidikan kepada masyarakat. khusus berkaitan dengan jalur pendidikan non formal ditegaskan pada pasal 26 ayat (1) bahwa “pendidikan non formal berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal dalam mendukung pendidikan sepanjang hayat”.

Pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin besar perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas melalui pendidikan sebagai proses utama pengembangan sumber daya manusiaterutama untuk menyongsong era globalisasi. Angka DO SLTA setiap tahun pelajaran mengalamu peningkatan : hasil pendataan pada tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 68.219 peserta didik.

Dari kondisi tersebut diatas diperlukan pendidikan yang dapat memfasilitasi keberlanjutan dalam mendapatkan pendidikan.

Berkenaan dengan hal tersebut, berbagai upaya telah dan akan ditempuh pemerintah untuk memperluas akses pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap peserta didik atau masyarakat. pendidikan berlangsung dan dapat diikuti sepanjang hayat (life long learning and education) dalam rangka membangun masyarakat pembelajar (the learning society) perlu terus diupayakan dan dicarikan inovasi pembelajarannya.

Salah satu usaha yang ditempuh adalah melalui pendidikan kesetaraan. Diantaranya mencakup program paket C setara SMA/MA. Program ini ditujukan bagi peserta didik yang berasal dari masyarakat yang jarena berbagai faktor tidak dapat mengikuti pendidikan di bangku sekolah, putus sekolah dan putus lanjut di jenjang pendidikan SMA/MA, serta atau usia produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai dampak dari peningkatan taraf hidup dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Melalui pengembangan program pendidikan kesetaraan paket A ini, diharapkan semakin memperluas layanan pendidikan bagi masyarakat melalui layanan pendidikan non formal.

Diharapkan petunjuk teknis ini dapat menjadi acuan bagi lembaga/organisasi mitra dalam mengakses bantuan operasional penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan pendidikan kesetaraan.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan

Komplek Kemendikbud Gedung E Lantai 8

Jl. Jendral Sudirman Senayan Jakarta 10270

No. Telp : 0215725501, email : subdit.kesetaraan2016@gmail.com

Download PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C, Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016 selengkapnya

  PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C, Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016 Di download (unknown, 81 hits)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0