Pendidikan Luar Sekolah di cetak Jadi PNS

8
Dibaca 7.507

Mahasiswa PLS di Cetak Jadi PNS, Jadi semangat nulis tentang PLS setelah ramai sekali diskusi diforum Pendidikan Luar Sekolah diFacebook,  sebelumnya ini hanya pemikiran pribadi silahkan bagi yang punya pemikiran lain terbuka untuk mengungkapkan apa yang jadi pemikiranya, niatan nulis ini bukan karena Pesimis namun mohon di pandang dari sudut pandang yang positif,dan mudah mudahan bisa menjadi kebaikan,  jika ada 1000 logongan PNS siapa yang senang,  toh saya tidak serta merta langsung jadi PNS, toh kita tetap berkompetisi, tapi bagaimana mungkiin formasi aja tidak ada 😀

 Mengapa mahasiswa PLS kok bisa di cetak Jadi PNS,

  1. Pertamaxxx karena kebanyakan jurusan pendidikan luar sekolah berada di fakultas pendidikan yang nota bene fakultas tersebut diciptakan untuk orang  yang mengajar :D( jadi guru ), dan pada umumnya, “maaf nih jangan tersinggung jika anda bukan pada umumnya”  berharap ketika lulus bisa mengajar disuatu lembaga sesuai dengan bidang yang dipelajarinya, dan berharap bisa jadi PNS Makanya sampai ada Guru bantu, Guru honorer, atau Staf  SKB , sekali lagi ini hanya pada umumnya lhoya, karena difakultas pendidikan juga kebayakan dari keluarga PNS dan petani, dan berharap setelah lulus aneknya bisa keterima PNS,  maaf jika salah anggap saja saya sok tau ( kepo )
  2. Kedua, mahasiswa PLS selalu di libatkan dalam kegiatan seminar, workshop bahkan proyek yang digalangi oleh para PNS ( dosen ), jadi kebanyakkan dari mereka  banyak belajar, dari penyusunan laporan kegiatan, pelaksaan kegiatan , atau mungkin belajar mengakses dana yang bisa di dapat dari ( P2pnfi, kementrian,Dinas terkait tentu PNS juga ) saya bicara sisi pisotifnya saja jadi Para mahasiswa PLS kelak jika sudah lulus sudah terlatih, dan tahu sistem arus birokrasi lembaga PLS, Selain itu mahasiswa PLS juga bisa menambah jaringan Para birokrat PLS ( PNS juga )
  3. Ketiga , ini yang menarik ketika kita  saya kuliah sering mendapat jargon Jangan mencari pekerjaan namun ciptakanlah lapangan pekerjaan, namun mereka yang memberikan  jargon, pekerjaan utamanya PNS, atau ada juga dia punya sambilan kerja lain, namun tetap juga pendapatan terbesar atau pekerjaan utama PNS,. Ada Juga Yang memberikan Kata motifasi saat kuliah Mahasiswa PLS.Harus bisa memberdayakan masyarakat yang kurang beruntung (miskin”), seperti mendirikan PKBM atau rumah singgah, namun teman teman sendiri bisa menilaikan ada berapa dosen yang memiliki PKBM dan rumah singgah yang aktif , pernah juga saya mendengar bagaimana memberdayakan orang lain jika kita sendiri tidak berdaya , ini masalah hati nurani bunk, logiskan
  4. Keempat , secara tidak sadar mahasiswa dididik menjadi PNS, pertama dia masuk yang dilihat adalah alumni PLS yang sukses dan jadi PNS ( dosen ) Karena pasti kita mendapat cerita seperti pak XXX bu XXX  dosen dari alumni PLS , ada juga yang jadi usahawan dan berwiraswasta sukses dan  itu seperti dongeng bisa dikatakan kita kesulitan menemukan sosoknya :D, mungkin setalah baca ini ada yang bersedia nyaku lulusan PLS jadi usahawan SUKSES karena saya mau tanya itu benar karena ilmu yang di dapat dari PLS atau memang, adanya mental usaha dan kesempatan yang dia punya :D,   lagi – lagi ketika menjadi mahasiswa tingkat akhir ada PPL ( biasanya sih semester 6/7) , Praktik Kerja Lapangan yang sangat menarik kalau dahulu PPL , biasanya hanya dilakukan di SKB ( ini juga PNS ) , atau di dinas pendidikan terdekat ( PNS lagi ),  kini berita terakir yang saya ketahui ada yang sampai P2PNFI  bahkan kementrian PAUDNI ( tingkat PNS yang lebih tinggi ), Sehingga mahasiswa di harapkan bisa mempunyai pengalaman dan “cenel” orang orang birokrat ( PNS lagi ). Kelah jika jadi PNS sudah berpengalaman. Biar hanya sepanjang PPL dia bisa merasakan hidup bagai PNS, itu sudah menggambarkan betapa enaknya jadi PNS di lembaga PNF, jadi jangan salahkan mahasiswa yang bermimpi dan ingin menjadi PNS

Kan ada matakuliah analisis swoot dan kewirausahaan, lha yang ini saya gak bias jawab, mudah mudahan yang sudah sukses jadi usahawan, kira – kira seberapa dalam dan seberapa berguna Kuliah di PLS dengan keberhasilan bidang usaha  setahu saya PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH ADALAH SARJANA SEMUA JURUSAN WHY….??? ,Mas penulis ini kok koyooe ngebet banget jadi PNS, iya saya ngebet, selain niatan membahagiakan orang tua, juga susah nyari kerjaan dengan ijasah sarjana pendidikan luar sekolah ,  truus klo gak jadi PNS  Gimana, ini buktinya gak jadi PNS saya juga bias tetep masih hidup kok dapat penghasilan pula, eeettt  penghasilan saya dan pekerjaan saya gak ada hubunganya sama PLS lhoo yah, ini masalah mental dan kesempatan, klau masalah perubahan pola pikir saya rasa semua mahasiswa mengalaminya tanpa harus di jurusan PLS, jika ada 1000 logongan PNS siapa yang senang,  toh saya tidak serta merta langsung jadi PNS, toh kita tetap berkompetisi, tapi bagaimana mungkiin formasi aja tidak ada 😀 ,

maaf  jika salah ketik

8 KOMENTAR

  1. menurut saya PLS itu tidak hanya jadi PNS. Walaupun PLS di didik oleh PNS dan materi2nya kbanyakan merupakan program pemerintah tapi pekerjaan itu banyak dan kita punya pilihan. Jadi PNS ato tidak itu adalah pilihan.Hidup adalah pilihan…BOY

  2. “Jangan mencari pekerjaan namun ciptakanlah lapangan pekerjaan” bukankah harus dibutuhkan modal, sdngkan semua orang blm tentu pnya langkan n kmampuan itu,. sama halnya dgn juru ekonomi to koperasi, dan kita harus bersaing dgn mrk.

  3. Memang jurusan PLS yg tahu hanya pemerintahan kalo swasta gak tahu apa itu jurusan PLS makanya setelah lulus pada gak jelas mau kemana kecuali dulunya dr SPG kalo mau jd guru ato hal hal yg berhubungan dg pendidikan dan tahu channelnya baru bisa jd PNS dan apabila kerja d swasta hrs kuliah lagi ato ambil pendidikan profesi agar bisa kerja yg layak oley coy

  4. Hahaha, mantap ini postingan, emang klo boleh jujur sarjana pls pada umumnya tdk punya keahlian khusus, jangan kan keahlian khusus, wong bikin PKBM aja jga ngk bisa. Klo kita ngk ngakui hal di atas, hanya ada 2 alternatif, alumni luar biasa, atau alumni yang pandai berbohong.

  5. Baru membaca wacana ini,memang realita banget. Pengalaman saya ketika mencoba mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, antara kebimbangan tetap di jalur PLS yang dengan sukarelawan kalo menurut saya, atau bidang pendidikan tetapi yang formal dengan gaji yang lancar setiap bulan. Tapi ironisnya ketika saya ikut bergelut menjadi tenaga pendidik di salah satu SMAN…… di Bekasi dengan kategori honorer, mata pelajaran yang saya dapatkan seperti guru SD, artinya saya harus dapat melakukan jam mengajar yang tersisa dari PNS,,,sehingga setiap tahunnya saya mengajar di bidang studi yang tidak tetap, dan pernah suatu hari ada siswa saya yang menyeletuk,,, zaman sekarang kenapa guru harus MULTITALENTED? dia dulu kuliah apa, kok malah ngajar apa. Dari situ pula saya merenung untuk fokus di keilmuan yang saya emban. PNS memang menjadi impian yang bukan hanya menjadi milik pribadi, dan pastinya juga menjadi impian ortu dari mahasiswa alumni PLS, namun saya berharap, dari pihak Ditjen PNF memberikan lapangan pekerjaan untuk mahasiswa PLS diluar jalur PLS yang juga memiliki penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup.

  6. KISAH SUKSES SAYA DARI HONORER JADI PNS

    ALHAMDULILLAH TERNYATA ALLAH MASIH MELINDUNGI SAYA, HATI-HATI TEMAN TEMAN DARI POSTINGAN PENIPUAN YANG MENCATUT NAMA BPK AIDU TAUHID SAMA BPK WARLI, YANG HANYA BISA DI PERCAYA POSTINGAN BPK DRS HERU PURWAKA KEPALA BIRO UMUM DI BKN PUSAT, NO HP BELIAU 0853-4777-0574.

    KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs heru purwaka yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala biro umum yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS HERU PURWAKA selalu aktif 0853-4777-0574 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

Tinggalkan Balasan