PLS UM gabung — KOMUNITAS SOSIAL adakan kegiatan SOTR (saur on the road)

PLS UM gabung — KOMUNITAS SOSIAL adakan kegiatan SOTR (saur on the road)

Bertajuk kegiatan sosial bernama “saur on the road” atau SOTR, berawal dari sebuah rutinitas ngopi yang dilakukan oleh Mahasiswa FIP dari berbagai jurusan dan golongan. Kegiatan ini sudah dilakukan untuk yang ketiga kalinya mulai dari tahun 2010, 2011 dan sekarang masuk di tahun 2012 tepatnya hari minggu tanggal 12 agustus dini hari berlokasi di daerah pasar besar Kota Malang.

Pada tahap perencanaan, kegiatan saur on the road tergolong sangat simpel dan tidak njelimet (bahasa jawa). Panitia hanya dibentuk secara nonformal terdiri dari lima orang mencangkup ketua, sekretaris+bendahara, perlengkapan, konsumsi, dan dokumentasi. Menggunakan sistem urunan pada mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan ini. Kegiatan dipublikasikan di kampus melaui pamflet, leflet, grup facebook, dan info dari mulut ke mulut.

Tahap pelaksanaan, format kegiatan diawali dengan berkumpul di depan UM pukul 24.30WIB di depan UM, tercatat sekitar 39 orang yang berpartisipasi dalam kegiatan SOTR, kemudian dilanjutkan perjalanan menuju lokasi, melakukan breafing beberapa menit lalu berdoa, dilanjutkan dengan pembagian makan saur pada kaum dhuafa yang ada di sekitar pasar besar Kota Malang oleh peserta yang mengikuti acara SOTR, dilanjutkan dengan santap saur bersama (lesehan) di lokasi tidak jauh dari pembagian makan saur pada kaum dhuafa.

Hasil dari kegitan ini adalah terbaginya makanan saur pada kaum dhuafa di daerah pasar besar Kota Malang dan menjalin tali silahturahmi antar keluarga fip khususnya serta UM pada umumnya. berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya kegiatan saur on the road 3 diikuti oleh banyak jurusan yang biasanya hanya dari FIP kini dari luar FIP bahkan luar UM juga ada yang berpartisipasi, diantaranya jurusan PLS (pendidikan luar sekolah), AP (administrasi pendidikan), jurusan KSDP (prodi PAUD, PGSD, PLB), TEP (teknologi pendidikan), BK (bimbingan konseling), psikologi, perwakilan dari Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, perwakilan dari FIK, dan ada pula yang dari luar UM (Universitas Brawijaya).

Sebuah harapan kecil, kepekaan sosial harus mulai dibentuk. Kegiatan saur on the road adalah salah satu kegiatan untuk merefleksikan kepekaan sosial untuk saling berbagi khususnya di bulan ramadhan ini. Refleksi kegiatan sosial dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk dan tidak hanya pada bulan ramadhan saja. Intinya, untuk para mahasiswa yang sekarang sedang atau masih menempuh kuliah mulailah untuk melatih kepekaan sosial dengan cara  melakukan kegiatan sosial diluar kampus itung2 mengamalkan tridarma perguruan tinggi (yang lupa silahkan cari macamnya apasaja). Berdasar pengalaman yang kami peroleh dilapangan, kegiatan sosial yang diakukan di luar kampus justru secara tidak langsung telah memberikan kontribusi ilmu yang telah kita peroleh dibangku kuliah. Paling akhir, mulailah untuk berbagi dan berkegiatan sosial khususnya yang masih kuliah, karena pada nantinya anda akan memetik manfaatnya. (Red. Astm)

Foto Kegiatan

 


Loading...

One Comment

  1. mantaaf kawan anda sudah berbuat tindakan nyata,

Leave a Comment