PLS Universitas Negeri Padang: Sosialisasi IMADIKLUS 2015

Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, mahasiswa selalu dianggap sebagai sosok yang dapat berpikir kritis, realistis dan dialektis. Bahkan t...

PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C, Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016
HARAPAN SETELAH MASUK PLS

Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, mahasiswa selalu dianggap sebagai sosok yang dapat berpikir kritis, realistis dan dialektis. Bahkan tidak jarang sering radikal dan revolusioner (Ari Sulistyanto, 1994). Karena sebagai bagian dari generasi muda (pemuda), status kemahasiswaannya menyandang nilai lebih dari pemuda lainnya. Melalui kajian-kajian dan pemikiran-pemikiran yang metodis, mahasiswa diharapkan mampu menangkap, menganalisis, dan mensintesakan setiap perubahan-perubahan dan dinamika kehidupan yang terjadi dalam masyarakat. Baik itu menyangkut kehidupan politik, sosial, ekonomi, hak asasi maupun permasalahan-permasalahan lain yang mengharuskan mahasiswa untuk menyikapi dan menyuarakan pemikirannya.

Sikap dan suara mahasiswa tersebut memerlukan wadah sebagai penyalurnya. diantaranya dapat berupa organisasi-organisasi kemahasiswaan yang cukup banyak tersedia di dalam maupun di luar kampus.

Imadiklus Indonesia adalah suatu ikatan mahasiswa pendidikan luar sekolah Se-Indonesia yang setiap pelaksanaan kegiatannya bersifat nasional sehingga mampu membuktikan eksistensi mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah dimata nasional dan internasional.

Organisasi mahasiswa yang diwakili oleh Badan Pengurus Harian (BPH) IMADIKLUS mencoba memberikan training dasar organisasi dan mensosialisasikan kembali Organisasi IMADIKLUS kepada seluruh mahasiswa pendidikan luar sekolah angkatan 2015. Kegiatan ini merupakan Program kerja divisi kaderisasi BPH IMADIKLUS Periode 2014-2015 yang dilaksanakan pada hari rabu tanggal 9 September 2015.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan organisasi mahasiswa serta ingin memberikan pemahaman ke-IMADIKLUS-an kepada mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (PLS FIP UNP) angkatan 2015. Diantaranya mengenai: apa itu IMADIKLUS? Bagaimana sejarah dan tujuan serta usaha yang dilakukan IMADIKLUS?, bagaimana sistem kepengurusan IMADIKLUS dan kegiatan-kegiatan IMADIKLUS yang sudah terlaksana. Pada kesempatan ini BPH imadiklus UNP mengundang senior yang merupakan sesepuh IMADIKLUS UNP yaitu Abang Bobby Satria (Bokoy) untuk ikut serta dalam memberikan materi dalam kegiatan sosialisasi ini. Selanjutnya pengurus juga mengundang badan pengurus wilayah IV yang ada di UNP agar bisa berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ini.

Kegiatan ini mendapat respon cukup bagus dari mahasiswa baru PLS FIP UNP. Dalam pemberian materi mereka tampak antusias. Hal ini tampak dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan dan juga banyak diantara mereka yang berkeinginan untuk menjadi bagian dari kepengurusan BPH IMADIKLUS selanjutnya. Rasa bangga menjadi bagian dari IMADIKLUS, begitulah yang kami rasakansaat ini. ūüôā

Berikut dokumentasi yang berhasil dirangkum pada kegiatan ini:

BPH UNP 1Gambar 1. Pemberian materi organisasi mahasiswa dan pengenalan sejarah IMADIKLUS oleh Yumaina selaku perwakilan BPW IMADIKLUS

BPH UNP 2Gambar 2 Pemberian Materi Tujuan dan Usaha IMADIKLUS oleh Bang Bobby Satria yang merupakan alumni PLS UNP serta sesepuh IMADIKLUS UNP (Demisioner DPO Wilayah IV 2011-2013)

BPH UNP 3.1

BPH UNP 3.2Gambar 3&4.Pengenalan kepengurusan serta peran Badan Pengurusan Harian IMADIKLUS di kampus oleh Ikhsan Ketua BPH IMADIKLUS UNP

Artikel ini dikirim oleh
Yumaina PLS UNP
BPW IMADIKLUS

COMMENTS

WORDPRESS: 0