Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FKIP Unsil menggelar Seminar Nasional Gebyar Pendidikan Luar Sekolah. Bukan hanya seminar nasional, Gebyar PLS juga diramaikan dengan acara Talkshow sekaligus deklarasi pergantian nama dari PLS menjadi Pendidikan Non Formal. Acara berlangsung pada pukul 08.00 WIB di Gedung Mandala Universitas Siliwangi.
Membangun kemitraan keluarga dengan pendidikan informal, non formal dan formal dalam rangka penguatan pendidikan karakter menjadi tema Gebyar PLS tahun ini. Tema ini diambil dari perundingan panitia dengan pihak Dosen. “Ada beberapa tema yang diajukan panitia dan dosen memilih tema yang ini, karena kita lingkupnya pendidikan non formal. Sekarang lagi boomingnya pendidikan karakter sebagai penguatnya,” ujar Mutiara Santi selaku Ketua Pelaksana.
Tujuan seminar nasional ini adalah untuk menjadi bekal tenaga pendidik untuk terjun ke masyarakat serta bekal untuk kaum hawa sebagai calon Ibu. Mulanya, panitia khawatir akan kekurangan peserta, namun diluar ekspetasi jumlah peserta mencapai 426.
H. Syaefuddin, Drs., M.Si. Ketua Jurusan PLS Unsil, mengucapkan selamat datang untuk seluruh peserta seminar. Dalam sambutannya juga mengabarkan bahwa PLS Unsil akan melakukan reakreditasi dengan harapan berubah akreditasi menjadi A. Dengan adanya acara ini, memberikan motivasi dan pertimbangan dalam penilaian reakreditasi. Bukan hanya itu, dalam acara Semnas Gebyar PLS juga dideklerasikan bahwa PLS Unsil akan berganti nama menjadi Pendidikan Non Formal.
Prof. Dr. H. Mustofa Kamil, M.Pd. Rektor UNIS Tangerang sedang memberi materi di acara Seminar Nasional Gebyar PLS di Gedung Mandala Unsil pada hari Rabu, 01 November 2017. (Sumber Foto: Ikhdan)
Prof. Dr. H. Mustofa Kamil, M.Pd. Rektor UNIS Tangerang, sekaligus Assesor BAN PT. Peneliti JICA serta Guru Besar UPI menjadi pemateri pertama. Lalu Melly Kiong Penulis Buku Parenting serta terpilih menjadi salah satu wanita inspirasi menjadi pemateri kedua. Untuk Talkshow, Kidung Paramadita Runner Up 3 Miss Indonesia 2016 dan sedang menempuh pendidikan pasca sarjana PLS UNNES sebagai pengisi Talkshow.
Ditemui usai acara, Kidung mengaku senang dapat menjadi salah satu pemateri. “Acaranya sangat bagus, luar biasa. Apalagi menitikberatkan pada pendidikan karakter dan pendidikan luar sekolah,” paparnya. Kidung juga berharap acara ini terus berkesinambungan di Universitas Siliwangi dan diperbanyak dibidang lain agar kita mampu bersinergi dengan pemerintah untuk membangun bangsa yang lebih bermartabat dan lebih maju lagi.
Pina Permata Delima, salah satu peserta dari PLS Unsil 2017 memberi tanggapan. “Pokoknya acaranya seru banget. Kita belajar cara mendidik anak yang paling baik itu gimana. Apalagi aku cewek, calon Ibu juga,” ujarnya. Mengakhiri wawancara Pina berharap dengan adanya acara ini akreditasi PLS Unsil menjadi naik sekaligus membawa nama baik untuk pergantian nama menjadi Pendidikan Non Formal. (FajKus, Ikhdan&Vanka)

Tinggalkan Balasan