Profil Ketua Umum IMADIKLUS (Periode 2017-2019)

0
Dibaca 143

Profil Ketua Umum IMADIKLUS (Periode 2017-2019)

Perkenalkan nama saya Nur Wahidin, biasa dipanggil Wahid atau Wahidin. Saya lahir dan besar di Lampung tepatnya di Desa Bandar Agung, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur. Saya lahir pada tanggal 11 Juli 1997. Saya merupakan anak kedua dari empat bersaudara yang tinggal di desa yang berpenduduk transmigran dari berbagai daerah di Indonesia. Pendidikan formal saya dimulai di MI Nurul Hidayah Bandar Agung pada tahun 2003. Kemudian saya melanjutkan pendidikan menegah pertama di MTs Bandar Agung dan lulus pada tahun 2009. Setelah itu saya melanjutkan jenjang pendidikan menengah Atas di SMAN 1 Bandar Sribhawono. Tiga kali menempuh jenjang pendidikan di kampung sendiri membuat saya termotivasi untuk mencari pengalaman baru di pulau Jawa, saya memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi di Universitas Negeri Malang melalui jalur SNMPTN dan memilih jurusan Pendidikan Luar Sekolah sebagai pilihan pertama yang saya tuju.

Setelah saya di terima di jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang saya mencoba untuk mengembangkan pengalaman organisasi saya di Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (HMJ PLS FIP UM). Sebelumnya, pertama kali saya belajar berorganisasi ketika saya berada di kelas 10 SMA dengan mengikuti ekstra kulikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Bandar Sribhawono. Disini saya mengembangkan minat saya dalam menulis dan bereksperimen. Namun pada kelas 11 kegiatan saya di KIR sedikit terhambat karena saya memilih jurusan IPS. Selain itu pada kelas 11 saya juga diamanahi sebagai wakil ketua umum ekstrakulikuler Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran (LPTQ). Setelah demisioner dari kepengurusan LPTQ dan KIR, saya bersama dengan alumni SMAN 1 Bandar Sribhawono yang tergabung dalam forum Generasi Muda Setia Hati Terate (Gemshter) mendirikan ekstrakuliker baru di SMA kami yaitu Seni Beladiri PSHT dan saya diangkat sebagai Ketua Umum ekstra kulikuler tersebut. Kesan dan pengalaman saya tersebut yang menggerakan hati saya untuk ikut berorganisasi di lingkungan Universitas. Selain mengikuti kepengurusan HMJ PLS FIP UM periode 2016-2017 saya juga ikut bergabung ke Badan Pengurus Harian (BPH) IMADIKLUS Universitas Negeri Malang diperiode yang sama pula. Setalah berakhir kepengurusan HMJ PLS FIP UM dan BPH IMADIKLUS UM periode tersebut, saya melanjutkan kepengurusan selanjutnya dan diangkat sebagai Kepala Bidang Keilmuan dan Penalaran di HMJ PLS FIP UM dan Kepala Divisi Kaderisasi di BPH IMADIKLUS UM. Saya juga bergabung dengan organisasi daerah SIGER LAMPUNG MALANG yang menjadi forum bagi mahasiswa asal  Lampung yang merantau ke Malang. Minat saya dalam berorganisasi sejatinya merupakan sarana bagi saya dalam mengembangkan diri dan belajar bermain peran sesuai dengan keadaan.

Seperti halnya Pendidikan Luar Lekolah yang  fleksibel sesuai dengan probelamatika yang ada  di lapangan, saya sebagai Mahasiswa PLS merasa terpanggil untuk ikut andil dalam mengembangkan Pendidikan Luar Sekolah minimal di kampung tempat saya berasal. Harapan saya, setelah saya wisuda saya tidak lagi bertanya kemana saya harus bekerja dan apa yang telah di berikan PLS dalam kehidupan saya, namun saya sudah bisa menjawab pertanyaan apa yang saya berikan untuk lingkungan saya dan PLS. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah di Indonesia, Mari kita bersama-sama mengembangkan diri kita dan memajukan IMADIKLUS bersama untuk Pendidikan Luar Sekolah yang lebih baik. Sekian profil singkat dan perkenalan dari saya Ketua Imadiklus Indonesia 2017-2019, A Luta Continua. Terimakasih.

Nur Wahidin

 

Tinggalkan Balasan