Profil PKBM Sindang Barang Jero (Lab Site PLS UIKA Bogor)

A. Latar  Belakang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dibentuk dan dioperasikan sejak tahun 1999 sebagai salah satu program dan/atau satuan Pend...

Harapan dan Tujuan Bersama PLS
PETUNJUK TEKNIS PROGAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C, Dan Prosedur pengajuan Bantuan Tahun 2016

Logo PKBM SBJ (Lab Site PLS UIKA Bogor)

A. Latar  Belakang

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dibentuk dan dioperasikan sejak tahun 1999 sebagai salah satu program dan/atau satuan Pendidikan Luar Sekolah dalam upaya meningkatkan mutu dan pelayanan pendidikan luar sekolah kepada masyarakat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. PKBM merupakan sarana untuk mengkoordinasikan berbagai kegiatan pembelajaran pada masyarakat yang pelaksanaannya dipusatkan di suatu tempat, dengan model pengelolaan dari, oleh, dalam dan untuk masyarakat.

Pembentukan PKBM didasarkan atas beberapa pertimbangan, antara lain ;

  1. Pelaksanaan pendidikan tidak hanya sebatas dilaksanakan oleh lembaga pendidikan formal semata, tetapi diperlukan sebuah lembaga pendidikan yang fleksibel tanpa dibatasi ruang dan waktu, sebagai sarana penambah (suplementary education), pelengkap (complementary education), dan pengganti (substitute education) dari pada pendidikan formal.
  2. Berbagai macam kegiatan pembelajaran / pelatihan progam pendidikan nonformal yang selama ini lokasinya terpencar, perlu dipusatkan secara terpadu untuk memudahkan dalam perencanaan, pelaksanaan, monitoring, supervisi, evaluasi dan pelaporan
  3. Dipandang perlu upaya mengkordinasi berbagai kegiatan pembelajaran / pendidikan yang berlangsung di masyarakat dalam sebuah lembaga yang dilindungi hukum.
  4. Dipandang perlu upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia, melalui sektor pendidikan.
  5. Mengoptimalkan potensi sumber daya manuasia, sumber daya alam, sumber daya sosial dan sumber daya bantuan, untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan dan kesejahteraan

Para mahasiswa/i dan alumni Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor sebagai kekuatan sumber daya manusia terdidik dan Yasasan Amanah Mardlotillah  sebagai kekuatan sumber daya sosial memiliki tanggung jawab moral untuk  memberikan layanan kepada masyarakat yang  tidak terjangkau dan menjangkau.

Berdasarkan pada hasil identifikasi kebutuhan belajar masyarakat di keluarahan Sindang Barang Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor dan sekitarnya, ditemukan banyaknya anggota masyarakat yang diakibatkan oleh berbagai hal belum terlayani dan belum terjangkau oleh dunia pendidikan formal, sehingga menghasilkan masyarakat yang berkualitas rendah dan pengangguran. Sementara itu Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terus melaju dengan pesatnya meninggalkan kehidupan mereka yang penuh dengan ketidak berdayaan, bila hal ini dibiarkan maka akan melahirkan ketidak amanan dan ketidak nyaman kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara. Hal ini tentu saja membutuhkan partisipasi masyarakat dalam membangun bangsa dan negara, untuk meringankan beban pemerintah yang terus kian bertambah. Menyadari bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah, kami para mahasiswa/i dan alumni Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor serta sumber daya masyarakat lainnya bekerjasama dengan Yayasan Amanah Mardhotillah untuk memfasilitasi kebutuhan belajar masyarakat kelurahan Sindang Barang Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor dan sekitarnya dengan mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sindang Barang Jero Kota Bogor.

Download Profil lengkap PKBM Sindang Barang Jero (Lab Site PLS UIKA Bogor)

  PROFIL PKBM Sindang Barang Jero Lab Site PLS UIKA Bogor Di download (1,1 MiB, 42 hits)

COMMENTS

WORDPRESS: 0