Program Pengabdian Masyarakat HIMA PLS UNY

0
Dibaca 1.407

Satu lagi gebrakan dari HIMA PLS FIP UNY, yang sebelumnya menggebrak panggung universitas dengan menjadi peraih HIMA RESPONSIF serta HIMA TERAKTIF versi GEBYAR AP 2011, kini HIMA PLS terjun langsung menjamah masyarakat Gunung kidul tepatnya di dusun bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul (16-17/07). Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini cukup menyedot perhatian masyarakat di sekitar dusun bejiharjo terlihat dari animo bapak ibu yang mengikuti pengajian untuk bapak-ibu di dusun bejiharjo

Sa pada sabtu malam. Acara berlangsung penuh kehangatan dan suasana kekeluargaan yang mengharu biru dalam pelaksanaan pengajian tersebut. Tanggapan positif masyarakat semakin menyemangati squads HIMA PLS dalam melaksanakan kegiatan esok pagi yakni lomba mewarnai, baca puisi, dan pentas seni yang memberikan kategori mulai usia PAUD hingga SMP. Suasana meriah dan cukup menguras keringat panitia kegiatan yang terdiri dari anggota HIMA PLS yang dibantu oleh organisasi kepemudaan karang taruna karangmojo.

Pagi itu masyarakat berserakan memenuhi lapangan atau tepatnya di Gedongan (Sumber mata air) desa karangmojo. “Acara ini bagus sekali untuk mengembangkan potensi anak, selain itu sebagai sarana hiburan masyarakat sekitar yang sekiranya mendambakan kegiatan positif untuk anak-anak ujar bu Suhartini selaku warga dusun Karangmojo. Anak-anak pun sangat bersemangat mengikuti lomba ini, banyak diantara mereka yang datang sebelum panitia selesai menyiapkan segala hal. Lomba ini diikuti oleh kurang lebih 176 anak dengan klasifikasi 76 peserta lomba mewarnai kateogori PAUD-3 SD,78 peserta lomba mewarnai kategori 4 SD-3SMP, 14 peserta lomba baca puisi, dan 8 grup lomba pentas seni. Suasana khas anak-anak dengan keakraban dan keceriaan berhasil di bangun di pesta anak tersebut. Tidak hanya itu, acara ini juga sebagai acara mendulang rezeki bagi warga yang menjual jajanan pasar. “Rame mbak, seneng saya. Alhamdulillah, semuanya habis ungkap Sugira, penjual es cendol.

Bagi panitia pelaksana pun ini menjadi langkah berani dalam mengaplikasikan apa yang didapat di bangku perkuliahan. Banyak hal yang akan berbeda ketika harus bersentuhan langsung dengan masyarakat dan sebagai calon pendidik dari pendidikan luar sekolah,kegiatan ini menjadi pengalaman berharga sepanjang perjalanan sebagai mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah yang tiada henti menebar semangat pendidikan luar sekolah dimana pun berpijak.

Sumber http://himapls-uny.blogspot.com/2011/08/program-pengabdian-masyarakat-hima-pls.html

Tinggalkan Balasan