Rapat Kerja BPH IMADIKLUS UNTIRTA 2016

0
Dibaca 1.208

Rapat kerja (RAKER) adalah  menentukan program kerja, visi dan misi yang di sepakati bersama oleh anggota. Selain menentukan program kerja(PROKER), visi dan misi, ada yang disebut pelantikan (mengesahkan anggota) dimana yang akan menjadi pengurus baru.

BPH Imadiklus Untirta yang diketuai oleh Usep, pada hari sabtu (19/03/16) mengadakan rapat kerja yang telah menjadi rutinitas setiap satu tahun sekali atau pergantian ketua dan pengurus. Tak terbilang untuk bersyukur kepada Allah SWT, lancar dan terlaksana sampai dengan selesai.

Sebelum hari pelaksanaan rapat kerja  BPH Imadiklus Untirta ada rapat kecil-kecilan untuk menentuakan ketua pelaksana, sekertaris pelaksana, bendahara pelaksana seksi-seksi (seksi acara, pubdekdok, perlengkapan, humas dan konsumsi) dan pembagian penanggung jawab buat survey ke seluruh mahasisawa PLS se-Untirta.

Adapun fungsi-fungsi kerjanya yaitu:

  1. Ketua Pelaksana yaitu mengkordinasikan, mengatur, mengawas seluruh anggotanya, ketua pelaksana yang paling tinggi jajarannya di setiap kegiatan
  2. Sekertaris yaitu membuat surat-menyurat (undangan, peminjaman, permohonana dan lain-lain), membuat absensi (peserta dan tamu undangan)
  3. Bendahara yaitu mengatur kas, tempat administrasi, dan tagih menagih keuangan kesetiap anggota
  4. Seksi-seksi antara lain:
  5. Seksi Acara yaitu membuat susunana kegiatan, mengkondisikan seluruh pesrta, pembawa acar dan lain-lain
  6. Seksi Pubdekdok (pablikasi dan dokumentasi) yaitu mendokumentasikan kegiatan, mempublikasikan kegiatan di media sosial membuat design-design seperti spanduk, stiker, membuat film dokumenter dan lain-lain.
  7. Seksi Perlengkapan yaitu mengkodisikan tempat dan perlengkapan yang belum tersedia ditempat yang akan dipakai oleh kegiatan tersebut
  8. Seksi Humas yaitu menyebar surat yang sudah diserahakan oleh sekertaris, menghubungi para undangan, pemateri atau fasilitator dan peminjaman-peminjaman lainnya seperti tempat, sound dan lain-lain
  9. Seksi Konsumsi yaitu menyediakan minuman dan makanan baik makanan berat maupun makanan rianganbuat para undangan, peserta dan pemateri atau fasilitator

Agar pelaksanaan rapat kerja ini sesuai apa yang pengurus dan peserta harapkan seperti sukses dan lancar tanpa ada kendala apapun, seluruh  BPH Imadiklus Untirta Alhamdulillah kerja dengan baik.

Perjalanan rapat kerja pada hari sabtu (19/03/16) dimulai pukul 07:30.WIB. Jam yang yang sudah ditentukan oleh seksi Acara tidak sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati bersama sebelumnya. Tidak diharapkan oleh seksi acara dan Ketua pelaksana ada sedikit rasa kecewa kepada peserta atau anggota baru yang tidak sesuai dengan jadwal, terlambat atau tidak tepat waktu yang sudah ditentukan.  Selain kecewa  kepada seksi acara ketua pelaksana pun kecewa kepada seksi pubdekdok yang tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik seperti pembuatan spanduk yang terlambat diprint.

Persiapan rapat kerja akan dimulai di fasilitatori oleh Angga Adrias selain ada asilitator ada juga  pemateri yaitu Abdurahman mereka  juga dari demisioner  BPH Imadiklus Untirta.

Sebelum fasilitator dan pemateri datang kamipun rapat dan diskusi mengenai program kerja yang sudah kami dapatkan hasil survey sebelum hari pelaksanaan. Pemilihan program kerja hasil survey ini tidak terlalu rumit dan sulit cukup untuk mempertimbnagkan mana yang cocok buat program kerja kedepannya. Jarum jam tidak sabar untuk menunggu sudah 10:05, namun fasilitator dan pemateri belum juga tiba kami tetap lanjut berdiskusi, handphone seksi humas tiba-tiba berdering ternyata pemateri yang menelepon inti dari percakapan seksi humas dan pemateri “pematerinya ada acara ngedadak, pemateri bisanya habis dzhur” ujar seksi humas. Ada suara yang memberikan salam, kami semuanya berdiam dan menengok kebelakang berbarengan akhirnya fasilitator tiba dengan  pukul 10:15. Persiapan untuk membahas program kerja yang akan kami mulai bersama. Program kerja yang kami dapatkan hasil survey anatara lain:

  1. Pelatihan atau life skill (pelatihan keprofesian dan pelatihan kewirausahaan)
  2. Imadiklus Mengajar
  3. Baksos
  4. Bermitra dengan HMJ PLS
  5. Kajian
  6. Seminar
  7. KKM
  8. PHBI
  9. Pengajuan rutinitas satu bulan sekali
  10. Dan masih bayak lainnya.

Jarum jam menunjukan 12:30, kami semua persiapan untuk Istirahat Shalat Makan (ISHOMA), ishoma cukup membutuhkan waktu 45 menit.

Selesai ishoma kami mulai kembali ngelanjutkan pembahasan proker. Pembahasan proker sudah panjang lebar tapi semua belum selesai. Di pertengahan pembahasan proker pemateri pun datang dengan tiba, pembahsan proker di cancel dulu di ganti dengan pemateri, pemateri yang di bawakan oleh ka Abdurahman yaitu Manajemen Organisasi dan Motivasi Organisasi pembahsan cukup menarik buat kami semua, selesai pembahsan ada Tanya jawab, seru tak terhitng Tanya jawab lumayan ramai namun ada jenuh dan bosannya yang di rasakan saat mendengar materi.

Selesai materi dari pemaparan Abdurahman kami semua langsung lanjut pembahasan program kerja yang tadi di cancel.

Suasan panas yang kami rasakan AC mati kipas angin tidak ada, awan telah menutupi siang adzan magrib mulai dikumandangkan, kami pun persiapan untuk pulang, program kerja masih banyak belum kami bahas, ketua memberikan kesepakatan kepada anggota semua bahwa pembahasan visi misi, pelantikan dan melanjutkan pembahasan program kerja yang akan di lanjutka kembali pada hari senin semuanya setuju dan sepakat.

Pada hari senin (21/03/16) pada pukul 13:30 kami melanjutkan program kerja kembali yang waktu pada hari sabtu di cancel, pemaparan program kerja tinggal beberapa lagi kami bahas sebelum pemaparan program kerja ketua dan wakil melantik atau mengesahkan pengurus baru dan pembacaan SK dari DPO telebih dahulu. Setelah pengesahan pengurus baru dan pembacaan SK di lanjutkan pemaparan PROKER yang sebentar lagi akan selesai. Lebar panjang pembahasan program kerja akhirnya selesai di pukul 16:30. Setelah pembahasan program kerja dilanjutkan pemaparan Visi dan Misi. Isi dari Visi dan Misi yaitu:

  • Visi:

 Terwujudnya BPH IMADIKLUS Untirta sebagai wadah pengembangan diri bagimahasiswa PLS

  • Misi:
  1. Merintis laboratorium BPH Imadiklus Untirta, sebagi wadah pembelajaran dan pengembangan kemampuan anggota BPH Imadiklus Untirta kepada masyarakat
  2. Menjadikan BPH ImadiklusUntirta sebagai wadah untuk mengatulisasikan diri dalam keprofesian PLS denga mengadakan penelitian ilmiah dalam pengabdian masyarakat melalui program-program social
  3. Menjadikan mahasiswa PLS yang memiliki kompetesi yang aktif, kreatif dan inovatif agar terciptanya mahasiswa yang berintelektual.

Setelah membentuk dan pemaparan Visi dan Misi, langsung di lanjut membentuk penanggung jawab untuk program-program kerja dan persiapan pulang atau penutupan.

1

3

4

5

6

struktur

Oleh:
Usep
PLS UNTIRTA
Email: useppls@yahoo.com

Tinggalkan Balasan