Rapat Kerja Nasional dan Seminar Nasional Imadiklus Indonesia 2016

Pendidikan adalah usaha dalam proses belajar dan perkembangan menuju kedewasaan, merupakan sarana untuk mencapai kesejahteraan dalam menjalani kehidup...

Berilmu dalam PLS
Revitalisasi Peran Pendidikan Luar Sekolah di Masa Depan

Pendidikan adalah usaha dalam proses belajar dan perkembangan menuju kedewasaan, merupakan sarana untuk mencapai kesejahteraan dalam menjalani kehidupan. Penyelenggaraan pendidikan harus memperlakukan, memfasilitasi, dan mendorong peserta didik menjadi subjek pembelajar mandiri yang bertanggung jawab, kreatif dan inovatif. Pendidikan diupayakan menghasilkan insan yang suka belajar dan memiliki kemampuan belajar yang tinggi.

Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan potensi diri dan membentuk karakter masing-masing individu yang akan berdampak pada kemajuan bangsa. Pendidikan sebagai pembentuk karakter yang berorientasi kepada pembudayaan, pemberdayaan, dan pembentukan kepribadian.

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah.  Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (IMADIKLUS) merupakan salah satu komponen dari masyarakat yang turut bertanggung jawab untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional tersebut. Disisi lain, secara Individu anggota IMADIKLUS merupakan sasaran dari pencapaian tujuan nasional itu sendiri yang harus mampu membentuk dirinya menjadi manusia yang mandiri dan berkualitas.

Sebuah gagasan yang bagus harus didukung dan dikembangkan bersama  dengan kegiatan yang turut serta membangun gagasan tersebut agar terwujud seperti yang ditujukan. Dalam hal ini Pendidikan Non Formal berperan penting pada pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidikan Non Formal adalah sebagai pelengkap, pengganti dan atau penambah dari pendidikan formal.

Berkaitan dengan hal diatas, perkembangannya Pendidikan Non Formal dikarenakan kemampuannya sebagai pembelajaran baik akademik maupun non akademik. Mengingat pentingnya Pendidikan Non Formal sebagai salah satu satuan pendidikan, kurangnya pengetahuan masyarakat akan Pendidikan Non Formal masih diperlukan sosialisasi dari pemerintah maupun kalangan masyarakat yang mengetahui pentingnya Pendidikan Non Formal, agar kemudian dapat ditindak lanjuti dan diproses.

Kegiatan Rakernas Ke-5 Imadiklus Indonesia akan diadakan pada:

Hari/Tanggal: Kamis-Sabtu, 10-12 Maret 2016
Pukul              : 09.00WIB s/d Selesai
Tempat          : Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

Info lebih lanjut silahkan download undangan dan proposal kegiatan di bawah ini.

Download Disini

  PROPOSAL RAKERNAS V IMADIKLUS Di download (1,4 MiB, 217 hits)

COMMENTS

WORDPRESS: 0