Rektor UM : Orang-Orang Besar Lahir dari Keluarga yang Mendidiknya Secara Baik

0
Dibaca 523

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU – Prodi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang (UM) menggelar seminar nasional Harmonisasi Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Insan dan Ekosistem Pendidikan di Graha Cakrawala UM, Kamis (13/7/2017).

Menurut Rektor UM, Prof Rofiuddin, tiga pilar pendidikan diawali dari keluarga, kemudian masyarakat, dan sekolah.

“Pendidikan keluarga dimulai sejak lahir. Orang-orang besar pasti lahir dari keluarga yang mengajar dan mendidiknya dengan baik. Selain itu juga orang tuanya mendoakan mereka,” katanya.

Menurutnya, ibu menjadi tonggak pendidikan fisik dan psikologis seorang anak.

“Sesuai ajaran Islam, ibu ditugaskan menyusui anaknya selama dua tahun untuk proses awal pembentukan anak,” jelasnya.

Sayangnya, generasi sekarang jarang mendapatkan ASI selama dua tahun penuh dan lebih banyak mendapatkan susu sapi.

“Jika ingin membentuk generasi berkarakter, berangkatnya dari keluarga khususnya dari ibu,” lanjutnya.

Ia menambahkan, pendidikan sekolah dan masyarakat sudah banyak diberikan perhatian dan mendapatkan 20 persen anggaran negara.

“Sedangkan pendidikan keluarga belum banyak diperhatikan. Oleh karena itulah pentingnya seminar semacam ini untuk membentuk generasi emas Indonesia,” tuturnya.

Dekan FIP UM, Prof Dr Bambang Wiyono menambahkan jenis pendidikan harus memiliki kedudukan sama, baik pendidikan formal maupun nonformal.

“Semoga seminar ini akan memberikan wawasan dan penjelasan untuk berkontribusi dalam pelayanan pendidikan di Indonesia,” tutupnya.

 


Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com/2017/07/13/rektor-um-orang-orang-besar-lahir-dari-keluarga-yang-mendidiknya-secara-baik

Tinggalkan Balasan