Saking Kutho Mbangun Deso

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar sekolah (HIMA PLS) FIP UNY baru-baru ini telah mengadakan serangkaian kegiatan di Dusun Kersan, Triwidadi, Pajangan...

SEMNAS DAN RAKERNAS 2016 PART 5 : MENATAP BIDUK LANGIT YOGYAKARTA
3rdDVOLUTION – Education for Evolution

Untitled-1Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar sekolah (HIMA PLS) FIP UNY baru-baru ini telah mengadakan serangkaian kegiatan di Dusun Kersan, Triwidadi, Pajangan, Bantul yang dilaksanakan selama 2 bulan 1 minggu. Serangkaian kegiatan tersebut bertemakan “Saking Kutho Mbangun Ndeso”. Membangun desa berarti memberdayakan masyarakat desa agar mereka sadar akan potensi SDM dan SDA yang dimiliki sehingga dapat mereka kembangkan sendiri secara mandiri.

Kegiatan pertama yaitu Desa Mitra, kegiatan ini berlangsung pada tanggal 28 April, 12 dan 26 Mei 2013 dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dari anak kecil hingga lansia, baik perempuan maupun laki-laki. Kegiatan meliputi berbagai lomba bagi anak usia dini, pelatihan peningkatan motivasi dengan nara sumber alumni Jurusan PLS yang telah bergabung dalam lembaga PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Sembada dan Paguyuban Aksara Green di Gunung Kidul.

Setelah kegiatan Desa Mitra, kami menyelenggarakan kegiatan yang kedua yaitu Desa Bina Usaha. Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu-ibu KWT Dusun Kersan dan beberapa ibu-ibu dari Dusun Nanggul. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ketrampilan bagi ibu-ibu untuk mengelola hasil alam agar suatu saat dapat dikembangkan dan apabila berhasil dapat menjadi penghasilan tabahan bagi warga. Kegiatan dalam program desa bina usaha ini adalah pelatihan dan pendampingan budidaya pertanian pepaya california. Pelatihan dan pendampingan ini ditujukan bagi ibu-ibu kelompok wanita tani (KWT) di Kelurahan Triwidadi, khususnya Dusun Kersan dan Dusun Nanggul.

Dalam kegiatan ini, Himpunan Mahasiswa PLS bekerja sama dengan Joglo Tani, Balai Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta sebagai narasumber. Pelatihan yang dilaksanakan pada 2 kali pertemuan tersebut meliputi Brain wash (penyadaran diri), pelatihan sosial akademik, praktik penanaman dan budidaya pepaya california, dan pengolahan pepaya california menjadi manisan dan dodol pepaya.

Kegiatan Desa Bina Usaha dimulai pada tanggal 23 Juni 2013. Nara sumber yang dihardirkan antara lain bapak T.O. Suprapto dari CV Mira Tani Jogja dan Drs. Edy Suprianta, M.Si (Kepala Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa). Kedua nara sumber menyampaikan materi mengenai kesadaran diri dalam meningkatkan dan mengembangkan potensi lokal dengan pendekatan “brain washing” serta materi tentang keterampilan sosial akademik yang harus dimiliki warga masyarakat.

Pada tanggal 30 Juni 2013 kembali diadakan pelatihan sekaligus praktek kepada ibu-ibu mengenai teknik penanaman dan budi daya pepaya serta pengolahan hasil pepaya. Teknik budi daya tanaman pepaya disampaikan oleh Bapak TO Suprapto  dari Joglo Tani Jogja. Sementara pengolahan hasil disampaikan oleh Purwaningsih, S.TP dan Muhammad Fajri, S.TP dari BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Yogyakarta.

Setelah pelatihan selesai, HIMA PLS berencana untuk mengadakan pendampingan kepada warga mengenai perkembangan hasil dari pelatihan. Dari apa yang telah dilaksanakan diharapkan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Dusun Kersan Desa Triwidadi Kecamatan Pajangan dapat menjadi icon desa sebagai penghasil oleh-oleh khas daerah tersebut dengan budidaya yang dilakukan sendiri. Dampak yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan dari hasil pemasaran produk yang sudah dilatihkan. (list/feb/ant)

Sumber: http://fip.uny.ac.id/berita/saking-kutho-mbangun-deso.html

COMMENTS

WORDPRESS: 0