Seberapa Penting Pendidikan Luar Sekolah

Seberapa Penting Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan luar sekolah dirancang untuk memberikan ilmu dan pengetahuan kepada seseorang sehingga orang terse...

JUARA 1 SURAT CINTA UNTUK IMADIKLUS INDONESIA DARI RIDWAN PRATAMA
Aku dan Harapanku di Pendidikan Luar Sekolah

Pendidikan_luar_sekolahSeberapa Penting Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan luar sekolah dirancang untuk memberikan ilmu dan pengetahuan kepada seseorang sehingga orang tersebut memperoleh keterampilan dan pengalaman yang dapat digunakan untuk meningkatkan taraf hidup.
Tujuan pendidikan luar sekolah

  1. Melayani masyarakat agar dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupannya.
  2. Membina masyarakat agar memiliki skill dan pengetahuan sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi atau mendapatkan pekerjaan yang layak

Secara umum ada lima pendidikan luar sekolah

  1.  Pendidikan Umum Pendidikan ini mengutamakan keterampilan dan sikap seseorang dalam bidang tertentu.
  2. Pendidikan Keagamaan Pendidikan ini berfokus pada kegiatan keagamaan sehingga seseorang dapat menjalankan perannya di bidang tersebut.
  3. Pendidikan Jabatan kerja Pendidikan ini meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap seseorang sehingga dapat memenuhi persyaratan suatu pekerjaan.
  4. Pendidikan Kedinasan Pendidikan ini berhubungan dengan kedinasan pada suatu lembaga tertentu.
  5. Pendidikan Untuk Mencapai Pekerjaan yang Diinginkan Pendidikan ini mempersiapkan seseorang untuk bekerja pada suatu bidang pekerjaan khusus.

Pendidikan luar sekolah sudah ada sejak lama dalam peradaban manusia. Pendidikan luar sekolah telah menyatu dalam kehidupan manusia, bahkan sebelum muncul sekolah konvensional. Pendidikan yang pertama muncul adalah pendidikan di lingkungan keluarga, dimana ayah dan ibu sebagai guru ajar. Interaksi antara anak dengan llingkungan sekitar juga berperan penting. Sistem pada pendidikan luar sekolah berbeda dengan sistem sekolah konvensional. Sistem pendidikan luar sekolah ditekankan pada pemberian kemampuan dan skill pada suatu bidang tertentu.

Pada pendidikan luar sekolah tidak ada prosedur-prosedur yang rumit dan kaku. Meskipun begitu pendidikan luar sekolah dipandang cocok untuk dipadukan dengan sistem sekolah konvensional sehingga setiap orang dapat meningkatkan taraf hidupnya. Masyarakat Indonesia cenderung lebih memilih sekolah konvensional, karena paradigma masyarakat Indonesia yang menganggap sistem pendidikan luar sekolah tidak lebih baik dari sistem pendidikan konvensional. Pada dasarnya semua pendidikan itu wajib diperoleh seluruh lapisan masyarakat, baik itu pendidikan dari sekolah konvensional maupun dari pendidikan luar sekolah. Hal penting yang harus dimiliki seseorang adalah niat dan kesungguhan dalam memperoleh ilmu.

Mengingat Seberapa Penting Pendidikan Luar Sekolah maka seharusnya tenaga Pendidikan luar sekolah sangatlah diperlukan namun hal ini berbanding terbalik dengan kenyataan realita yang ada di mana banyak keluhan dari mahasiswa intassi ataupun alumni PLS simak beberapa yang dapat kami rangkum disaini Sebelum masuk Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Baca ini dahulu

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pendidikan luar sekolah. Semoga bermanfaat.

COMMENTS

WORDPRESS: 2
  • comment-avatar

    BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang UNESCO dengan komisi Edgar faure telah berhasil meletakan asas pendidikan yang fundamental dan berlaku untuk penyelenggaraan pendidikan, yakni asas pendidikan seumur hidup / Ife long edu cation. Sebagai dampak timbulnya asas pendidikan ini, maka dikenallah berbagai bentuk penyelenggaraan pendidikan dan yang diarahkan bagi pendidikan anak, remaja, orang dewasa maupun orang tua baik mereka yang belum bekerja maupun mereka yang telah bekerja. Penyelenggaraan pendidikan demikian pasti berbeda satu sama lain dan pada umumnya dikenal berbeda system pendidikan yang digunakan, yakni sistem pendidikan sekolah disatu pihak dan system pendidikan luar sekolah di lain pihak. Sebagaimana asas pendidikan seumur hidup, sistem pendidikan luar sekolah telah lama dikenal dan digunakan dalam penyelenggaraan pendidikan baik di negara maju maupun negara yang sedang berkembang 1.2 PermasalahanDengan meninjau ciri-ciri dan klasifikasi pendidikan luar sekolah, maka sasaran pendidikan luar sekolah, tidak mudah ditetapkan seperti pendidikan sekolah. Oleh karena itu, beberapa permasalahan dalam makalah ini diantaranya adalah. 1 Apa saja sasaran pendidikan luar sekolah untuk pemuda?2 Apa saja sasaran pendidikan luar sekolah untuk orang dewasa?1.3 Tujuan Tujuan penyusunan makalah ini yaitu sebagai berikut: 1 Untuk mengetahui sasaran pendidikan luar sekolah kepada para pemuda.2 Untuk mengetahui sasaran pendidikan luar sekolah kepada orang dewasa.

  • comment-avatar

    Saya begitu menyukai artikel yang disajikan dalam blog ini,
    Semoga sukses terus memberikan informasi bermanfaat utk semua orang.