Secuil Harapanku di Pendidikan Luar Sekolah

0
Dibaca 736

Secuil Harapanku di Pendidikan Luar Sekolah. Pendidikan luar sekolah adalah sistem pendidikan yang berkecimpung di luar sekolah. Setelah aku diterima di jurusan pendidikan luar sekolah aku berharap aku dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat, dapat memperluas wawasan tentang ke PLSan, dan lebih peka terhadap kondisi pendidikan masyarakat yang perlu di perbaiki oleh para teman-teman PLS. Di samping itu aku berharap nantinya dapat menerapkan ilmu-ilmu yang di dapat dan aku berharap aku dapat memanfaatkan waktu kuliah sebaik mungkin dengan mendalami lebih jauh tentang pendidikan luar sekolah, karena nantinya aku akan langsung terjun ke dalam kehidupan pendidikan masyarakat sesungguhnya.

Dengan adanya pendidikan luar sekolah, aku berharap dapat mengetahui seluk beluk pendidikan luar sekolah, tidak hanyadalam lingkup pendidikan, namun juga fungsi pendidikan luar sekolah dalam misi kemanusiaan. Aku berharap pendidikan luar sekolah tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat, aku ingin membuktikan bahwa tujuan adanya pendidikan luar sekolah itu mulia. Untuk menyelematkan orang-orang yang “tidak bisa” mengenyam pendidikan dengan baik karena keterbatasan ekonomi maupun masalah lainnya. Dan pendidikan luar sekolah itu berupaya dalam menyelaraskan pendidikan di Indonesia, agar kota-kota maupun desa-desa terpencil pun dapat pula mendapatkan pendidikan dengan layak.

Pendidikan luar sekolah itu begitu membanggakan. Karena setelah masuk pendidikan luar sekolah kita memperoleh ilmu-ilmu yang bermanfaat, tidak hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk orang lain. Begitu mulia pendidikan luar sekolah.

Pendidikan luar sekolah sering disebut juga pendidikan non formal. Saya sangat berharap suatu hari dapat bergabung dalam organisasi-organisasi anak jalanan, yang bekerja sama dalam membantu anak-anak pemulung, anak-anak yang hidup di jalanan, agar mereka dapat memperoleh pendidikan, meskipun hidup di jalanan. Saya ingin sekali dapat menjadi pendamping mereka sampai nantinya dia bisa merubah kehidupannya dan meraih cita-citanya. Hendaknya keinginan seperti itu dapat dilakukan mulai sekarang, namun keterbatasan pengalaman dan pengetahuan yang membuat saya untuk terus semangat dalam menuntut ilmu.

Saya berharap sekali dapat menularkan ilmu yang saya punya. Saya berharap sekali ada kuliah lapangan, dimana saya dapat berkontak langsung dengan mereka-mereka yang sangat membutuhkan bimbingan dalam memperoleh pendidikan yang sewajarnya. Memang masih banyak tahapan-tahapan yang harus saya tempuh untuk dapat mengetahui seluk beluk kehidupan anak jalanan. Namun, saya selau siap jika diperintahkan untuk terjun langsung ke lapangan.

Saya begitu berharap dapat cepat menempuh kuliah, agar dapat cepat pula terjun ke lapangan dan membantu mereka-mereka yang membutuhkan bantuan teman-teman PLS. saya sedih apabila bertemu dengan anak-anak kecil, yang seharusnya dia berada di bangku sekolah untuk belajar, namun keterbatasan perekonomian yang memaksanya untuk bekerja menjadi pemulung. Saya ingin membantunya membuat suatu kreatifitas yang memiliki nilai jual, agar mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan tak lupa untuk selalu mengajak belajar, demi masa depannya.

———————————————————————————

silvia

NAMA LENGKAP   : SILFIA INDRIANI

JURUSAN                  : PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

ANGKATAN             : 2016

UNIVERSITAS         : UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Tinggalkan Balasan