Sejuta Peluang di PKL Jurusan PLS

Berikut Kisah salah satu pengalaman mahasiswa yang PKL di Dirjen PAUDNI Jakarta. Kementerian Pendidikan dan  Pebudayaan Republik Indonesia Direktorat ...

Permendikbud no 4 th 2016 tantang Pedoman Alih Fungsi Sanggar Kegiatan Belajar Menjadi Satuan Pendidikan Nonformal
Beberapa Pendapat Mengenai Dasar-dasar Pendidikan

Berikut Kisah salah satu pengalaman mahasiswa yang PKL di Dirjen PAUDNI Jakarta.

PKL KEMENDIKBUD UNESA

PKL KEMENDIKBUD UNESA

Kementerian Pendidikan dan  Pebudayaan Republik Indonesia

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.

         Disinilah tempat kami mengabdi, mencari ilmu dan tentunya pengalaman. Kesan pertama ketika kami menginjakkan kaki di Direktorat Jenderal PAUDNI adalah kami hanyalah mahasiswa kecil rantauan kota pahlawan yang memiliki tekat kuat untuk mencari pengalaman, dapatkah kami bersanding bersama mereka? Jawabannya adalah “dapat” iya begitulah hati kecil kami mengatakan, walaupun pada kenyataannya banyak hal yang belum kami ketahui. Kami harus lebih banyak belajar dan lebih banyak berusaha untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan di kota besar ini.

         Hal yang paling mendasar atas kekaguman kami pada kinerja di Direktorat Jenderal PAUDNI adalah mengetahui secara pasti perbedaan antara praktisi dan akademisi. Etos kerja yang tinggi, disiplin, mandiri, dan tangguh semua itu harus benar-benar kami tanamkan pada diri kami karena kami masih pada tahap belajar untuk bekerja sebagai seorang praktisi.

Satu cerita yang mungkin bisa menyejukkan hati kita, cerita sembilan mahasiswa yang bertekad menimba, mencari ilmu dan mendapatkan pengalaman di Direktorat Jenderal PAUDNI. Sungguh tidak mudah sebenarnya bagi kami, berjalan di tempat yang asing yang belum pernah terbayang sebelumnya bahwa kami bisa sampai disini. Namun semuanya berubah ketika kami mengenal orang-orang hebat, dan orang-orang inspiratif yang benar-benar membuat kami berangan-angan untuk bisa menjadi seperti mereka. Dengan beragam karakter, beragam kebudayaan dan latar belakang kehidupan itulah yang membuat kami semakin kaya dengan ilmu-ilmu PLS.

Sampai pada akhirnya kami mendapatkan tugas untuk menjadi panitia dalam kegiatan “International Seminar on Improving Literacy Based on Mother Tongue and ICTs” di hotel Atlet Century Park Jakarta. Acara ini di hadiri oleh orang-orang besar dari semua penjuru dunia, salah satunya dari UNESCO. Tidak hanya itu, kami juga diberi tugas untuk menjadi tim evaluasi dampak program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat dan tim validasi NILEM PKBM di seluruh wilayah Indonesia. Kami mendapatkan tugas untuk pergi ke daerah-daerah diantaranya Tulungagung, Jombang, Sidoarjo, Malang, Madura, dan Bojonegoro. Luar Biasa. Sujud syukur kami panjatkan atas segala kenikmatan yang di berikan Allah kepada kami. Disinilah ilmu PLS kami terapkan.Untuk itu, jangan pernah ragu untuk menekuni ilmu PLS, sejuta makna, sejuta pengalaman ada di Pendidikan Luar Sekolah (PLS).

Untuk itu, sejuta kata terima kasih kami ucapkan pada sang pahlawan tanpa tanda jasa dosen-dosen kami tercintadi Jurusan PLS, Ibu Kajur, Bapak sekjur, Dosen Tim PKL: Pak Cahyo, Pak Wid dan Bu Wiwin yang telah membentangkan sayap, berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk kami mengabdi. Dengan disebar diseluruh wilayah di Indonesia, tentu kami mempunyai banyak cerita beragam yang mungkin tidak dimiliki banyak orang yang berprofesi sama seperti kami.

Terima kasih untuk semuanya, Ilmu PLS kami benar-benar sangat berguna ketika kami sudah dihadapkan pada sebuah kenyataan. Sabar, ikhlas, dan telaten merupakan serangkaian kata yang harus terpatri dalam hati kami. Semoga kita tidak termasuk orang yang merugi, yaitu orang yang tidak menyadari potensinya, dan orang-orang yang menyalahkan keadaan…..jadikan apa yang kita miliki hari ini sebagai alat peraih apa yang harus kita miliki hari esok. Masa Depan tidak ada yang datang secara tiba-tiba, masa depan ada karena apa yang kita lakukan saat ini.

Salam PLS.

by (Rezka Arina Rahma – PLS UNESA 2009)

COMMENTS

WORDPRESS: 4
  • comment-avatar

    makasih kk cerita nya semuga menginpirasi tman teman yang lain untuk bisa mengisahkan keindahan pls

    • comment-avatar

      semoga saja jadi pencerahan biar ngk negatif mulu, jujur dikampus itu saya lagi galang kekuatan simpatik dari seluruh elemen baik mahasiswa dan dosen jadi jangan di musui itu para dosen jadikan kawan untuk berjuang buat kita oke kakak

      • comment-avatar

        saya salah satu lulusan PLS. saya bangga lulusan dgn jur itu,tp trus trang saya kecewa nsedih knp stlah lulusan lowker u jur it malah tdk ada. klo ada buka cpns di paudni mlah jur lain y pling bnyk dtrima,n bahkn tdk ada u jur pls sndir. ktika jur it di buka d universitas bukankah pluang kerja nya msh ada, tp tdk dmikian nyatanya. thanks

        • comment-avatar

          semngat kakak memang loker pls sangat susah bahkan hampir ngk ada. tapi saran saya kakak terus menciptakan usaha kemandiriaan. kan kita ini di cetak sebagai pengelola bukan pencari pekerjaan, jadi ciptakanlah peluangmu