SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL Meningkatkan Kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pendidikan Nonformal dan Informal ...

Mendikbud: Sekolah Wajib Punya Sarjana PLS
Harapan Saya Setelah Masuk Jurusan PLS

SEMINAR NASIONAL

PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL

Meningkatkan Kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pendidikan Nonformal dan Informal dalam Pemberdayaan Masyarakat”

Selasa, 19 April 2016

Ruang Sidang Utama Rektorat UNY

Pendidikan Non Formal dan Informal dewasa ini didorong untuk dapat bergerak secara mandiri. Corporate Social Responsinility merupakan salah satu bentuk kepedulian lembaga negera dan Swasta dalam mendorong kemajuan suatu komunitas atau masyarakat dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Peluang ini menjadi salah satu cara yang baik untuk digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan Non Formal dan Informal yang belum mendapat perhatian yang besar dari Pemerintah. Pemberdayaan masyarakat dengan mengoptimalkan dana CSR memang benar-benar bermanfaat dan dapat memobilisasi akses pendidikan Non Formal dan Informal secara signifikan.

Dalam seminar ini akan dibahas secara umum mengenai CSR dan berbagai tujuan serta target CSR yang disediakan oleh lembaga-lembaga. Sehingga peserta seminar dapat mengetahui lebih dalam mengenai CSR dan bagaimana cara agar dapat mengakses CSR.

Selain itu, walaupun menggunakan CSR dalam pendidikan Non Formal dan Informal, kita dapat belajar untuk mempertahankan pelaksanaan pendidikan nonformal dan Informal yang profesional. Dan pada materi akhir akan dipaparkan oleh praktisi yang telah melaksanaan kemitraan Pendidikan Non Formal dan Informal untuk mendidik Masyarakat. Sehingga peserta dapat belajar lebih banyak melalui pengalaman dari Praktisi.

Pelaksanaan seminar ini sangat bermanfaat bagi seluruh insan pendidikan Non Formal dan Informal yang sedang melaksanakan dan mengembangkan lembaga agar lebih mandiri dalam menjalankan proses kelembagaannya.

Pemberdayaan masyarakat dimaknai sebagai suatu aktivitas yang dimaksudkan untuk mengembangkan warga masyarakat dan lingkungannya menjadi sejahtera. Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan oleh berbagai pihak yang ada di masyarakat. Salah satunya adalah organisasi bisnis dengan aktivitas tanggung jawab sosialnya atau corporate social responsibility (CSR). CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan pada para pihak yang berkepentingan. Berbagai aktivitas CSR banyak dilakukan oleh organisasi bisnis baik di level regional, nasional, maupun internasional terkait dengan peningkatan kesehatan, pendidikan, keamanan, pengembangan tenaga kerja, kelestarian lingkungan hidup, pengembangan ekonomi dan masyarakat, dan pemenuhan kebutuhan dasar lainnya. Keberadaan organisasi bisnis dengan tanggung jawab sosialnya merupakan suatu peluang bagi lembaga pendidikan nonformal dan informal dalam memperoleh sumber daya baik material maupun nonmaterial yang dibutuhkan dan dapat didayagunakan dalam penyelenggaraan pembelajaran, pengembangan kualitas sumber daya manusia, pengembangan kurikulum pendidikan, dan pengembangan kemampuan manajemen pendidikan dalam rangka mengembangkan warga masyarakat yang kompeten, mandiri, bertanggung jawab, partisipatoris dan berkehidupan harmonis. Mendasarkan hal di atas, dipandang penting untuk melakukan kegiatan pendidikan yang dapat membangun kesadaran, pemahaman, dan komitmen untuk bermitra dan bersinergi antara pendidikan nonformal dan informal dengan organisasi bisnis dalam rangka memberdayakan warga masyarakat, yaitu: Seminar Nasional, dengan tema: “Membangun Kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pendidikan Nonformal dan Informal dalam Memberdayakan Masyarakat”

Tema Seminar Nasional:

“Meningkatkan Kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pendidikan Norformal dan Informal dalam Memberdayakan Masyarakat”

Subtema Seminar Nasional:

  1. Peran Dunia Industri (Dudi) dalam Pengembangan Masyarakat
  2. Optimalisasi Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Masyarakat
  3. Kapasitas Organisasi Pendidikan dalam Membangun Kemitraan dengan Dudi
  4. Model-Model Pemberdayaan Masyarakat
  5. Best Pratice Pemberdayaan Masyarakat
  6. Kewirausahaan Masyarakat dalam Memberdayakan Masyarakat
  7. Model-Model Pendidikan Nonformal dan Informal dalam Dunia Usaha
  8. Sumbangsih Pendidikan Nonformal dan Informal dalam Pemberdayaan Masyarakat

Panitia menerima makalah dari hasil penelitian dan kajian pustaka yang akan diprentasikan dalam sesi paralel dengan ketentuan:
KETENTUAN UMUM
  1. Panjang makalah antara 10-15 halaman, Abstrak berbahasa Indonesia ditulis menggunakan TNR-11. Jarak antarbaris 1 spasi. Abstrak berisi 100-150 kata dan hanya terdiri dari 1 paragraf, yang memuat tujuan, metode, serta hasil penelitian.
  2. Sistematika makalah berbasis penelitian dapat  diunduh disini atau makalah berbasis kajian analisis kritis (non penelitian) dapat diunduh disini
  3. Makalah yang lolos seleksi akan diterbitkan dalam prosiding seminar ber-ISBN
  4. Makalah Prosiding yang terpilih akan diterbitkan di Jurnal Pendidikandan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Program Pascasarjana UNY

TEMA MAKALAH

Tema Utama

“Meningkatkan Kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pendidikan Norformal dan Informal dalam Memberdayakan Masyarakat”

Subtema:

  1. Peran Dunia Industri (Dudi) dalam Pengembangan Masyarakat
  2. Optimalisasi Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Masyarakat
  3. Kapasitas Organisasi Pendidikan dalam Membangun Kemitraan dengan Dudi
  4. Model-Model Pemberdayaan Masyarakat
  5. Best Pratice Pemberdayaan Masyarakat
  6. Kewirausahaan Masyarakat dalam Memberdayakan Masyarakat
  7. Model-Model Pendidikan Nonformal dan Informal dalam Dunia Usaha
  8. Sumbangsih Pendidikan Nonformal dan Informal dalam Pemberdayaan Masyarakat

TATACARA PENDAFTARAN

  1. Calon Peserta Pemakalah Pendamping melakukan pendaftaran dihttp://seminar.uny.ac.id/seminarcsrpls dengan menekan tombol Pemakalah.
  2. Mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran pemakalah
  3. Buka email dan klik link yang diberikan oleh panitia
  4. Buat password dan save
  5. Login di halaman http://seminar.uny.ac.id/seminarcsrpls
  6. Upload abstrak
  7. silakan tunggu pengumuman makalah yang layak dipresentasikan
  8. Setelah dinyatakan diterima, upload makalah lengkap melalui halaman httP://seminar.uny.ac.id/seminarcsr dan login
  9. Melakukan pembayaran / transfer melalui rekening panitia dan mengirim bukti transter ke emailseminarcsrpls@gmail.com atau kirim WA ke 087738910514

TANGGAL PENTING

  1. Batas akhir penerimaan abstrak : 6 April 2016
  2. Pengumuman abstrak diterima : 8 April 2016
  3. Batas akhir penerimaan makalah lengkap (fullpaper) 12 April 2016
  4. Batas akhir pendaftaran seminar : 16 April 2016
  5. Pelaksanaan seminar dan presentasi makalah : 19 April 2016

SEKRETARIAT PANITIA Jurusan PLS FIP UNY Jalan Colombo No 1, Yogyakarta Telpon 0274 586168 psw 369

KONTAK PANITIA Dr. Entoh Tohani, M.Pd 081392902928 Dr. Puji Yanti Fauziah, M.Pd. 082135222884

Email : seminarcsrpls@gmail.com Website : http://seminar.uny.ac.id/seminarcsrpls

PENDAFTARAN



IMG-20160322-WA0008

IMG-20160322-WA0007

  BROSUR SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN NONFORMAL DAN INFORMAL PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Di download (457,4 KiB, 73 hits)

 

Sumber http://seminar.uny.ac.id/seminarcsrpls/?q=daftar-peserta

COMMENTS

WORDPRESS: 0