Semoga Betah di Jurusan PLS

0
Dibaca 263

Semoga Betah di Jurusan PLS. Konseling Hima ini dilakukan pada Jumat, 18 Agustus 2017 sekitar pukul 09.00-11.00 yang dilakukan oleh divisi pendidikan HIMADIKLUS Unsil yang diikuti oleh 6 kelompok mahasiswa baru Pendidikan Luar sekolah Universitas Siliwangi yang tempatnya berbeda-beda. Konseling Hima ini dilakukan untuk sharing-sharing supaya mahasiswa baru mengetahui apa itu Pendidikan Luar Sekolah, manfaat dari Pendidikan Luar Sekolah, prospek kerja apa saja yang bisa dilakukan setelah lulus di jurusan Pendidikan Luar Sekolah, dan harapan yang ingin dicapai sekarang dan yang akan datang dari Pendidikan Luar Sekolah.

Sebelum menjelaskan itu, semua anggota kelompok yang mengikuti konseling hima tersebut memperkenalkan diri satu sama lain dan sharing-sharing tentang Pendidikan Luar Sekolah.

Tulisan ini dibuat untuk menyampaikan hasil dari Konseling Hima dari kelompok 5, hasil yang bisa didapatkan yaitu:

  • Pendidikan dibagi menjadi tiga, yaitu pendidikan informal (pendidikan dalam naungan keluarga), pendidikan formal (pendidikan dalam naungan pemerintah yaitu SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi), dan pendidikan nonformal (Pendidikan Luar Sekolah). Pendidikan Luar Sekolah yaitu kegiatan pendidikan yang berada di luar pendidikan formal.
  • Manfaatnya bisa membebaskan anak jalanan, anak kurang mampu yang berasal dari kampung, pemberdayaan anak, pemberdayaan wanita, dan lain sebagainya.
  • Prospek kerja setelah lulus bisa bekerja di Dinas Pendidikan, membuka tempat kursus, tempat les, yayasan karang taruna, mengabdi pada masyarakat, dan masih banyak lagi.
  • Harapan yang ingin dicapai sekarang dan yang akan datang dari Pendidikan Luar Sekolah yaitu dapat disimpulkan bahwa harapan untuk sekarang di jurusan PLS ini semoga betah, mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Harapan untuk yang akan datang semoga bisa membangun lapangan pekerjaan, bekerja di dinas pendidikan, menjadi dosen, menjadi presiden, bermanfaat bagi masyarakat, dan lain sebagainya. Tetapi, setelah lulus jangan mengharapkan mendapatkan pekerjaan karena tujuan kita mengambil jurusan PLS ini bukan untuk bekerja tetapi mengabdi pada masyarakat dan menghasilkan anak-anak bangsa yang berjiwa patriotisme serta berakhlakul karimah yang memajukan bangsa dengan mengedepankan pendidikan. Sebesar apapun gaji yang kita dapat dari pekerjaan kita, kalau kita tidak nyaman maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Tetapi sekecil apapun gaji yang kita dapat dari pekerjaan kita, kalau kita senang maka kita akan terasa jauh lebih baik.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan dari hasil konseling hima kelompok 5.

 

Penulis

Windi Hoirunisa
email: windihoirunisa63@gmail.com
PLS UNSIL 2017

Tinggalkan Balasan