SILATURRAHIM ANTAR JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (UNES—UNESA)

SILATURRAHIM ANTAR JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (UNES—UNESA)

Kamis (23/11) PLS UNESA kedatangan tamu dari UNES (Universitas Negeri Semarang). Mereka adalah para mahasiswa dan dosen yang juga berasal dari jurusan PLS. Jumlah rombongan secara keseluruhan adalah 86. Terdiri dari 82 mahasiswa angkatan 2009 dan 2010 serta 4 dosen. Berangkat hari Rabu malam dari UNES dan sampai di Surabaya pada kamis pagi hari. “Kami berangkat sekitar pukul 21.00 WIB dan sampai di Surabaya sekitar pukul 06.00 WIB”, tutur Wanda, mahasiswi UNES angkatan 2010. Sebelum menuju ke UNESA, mereka terlebih dahulu ke IAIN Sunan Ampel untuk melakukan bersih diri dan makan pagi.

Acara segera dimulai ketika rombongan dari UNNES tiba di kampus Lidah Wetan UNESA. Sebelum memasuki aula, para tamu diberi konsumsi oleh panitia kegiatan. Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama adalah dari Ketua BEM-J PLS UNESA dan diikuti sambutan dari ketua rombongan UNES. Sambutan yang ketiga adalah dari Ketua Jurusan PLS UNES yang diwakili oleh Sekretaris Jurusan. “Tujuan kedatangan kami adalah untuk membangun silaturrahmi dan ingin belajar mengenai aktivitas Jurusan PLS di UNESA.”, tutut beliau (sekretaris jurusan PLS UNES). Sambutan dilanjutkan oleh Dekan FIP UNESA, dalam sambutannya beliau mengenalkan Kampus Lidah Wetan UNESA. Sedangkan sambutan yang terakhir oleh Ketua Jurusan PLS UNESA. Beliau menyampaikan tentang profil dari PLS UNESA. Selesai sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan pengenalan ORMAWA PLS UNESA oleh Ketua BEM-J PLS dan Ketua DLM-J PLS.

Acara selanjutnya yaitu diskusi yang dimoderatori oleh dosen PLS UNESA, Bapak Heriyanto Susilo, M.Pd. Diskusi tersebut, para mahasiswa dari UNES dipersilahkan untuk mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan PLS UNESA. Pertanyaan pertama diajukan oleh Dewi Erna L (mahasiswi angkatan 2010 asal Tegal), “Kiat-kiat apa yang dilakukan oleh PLS UNESA untuk menjadikan PLS jurusan yang unggul?”. Pertanyaan ini dijawab oleh Ketua Jurusan PLS UNESA, “Banyak sekali upaya-upaya yang kami lakukan, di antaranya adalah dengan mendatangkan motivator, dosen tamu, menjalin kemitraan, dan mengundang para alumni PLS yang sukses. Pertanyaan kedua oleh Tiara (mahasiswi angkatan 2009), “Bagaimana dosen dapat mengajarkan kepekaan jiwa PLS padahal kebanyakan dari mahasiswa hanya ingin mendapatkan nilai saja?”. Pertanyaan ini kemudian ditanggapi kembali oleh Ketua Jurusan PLS UNESA, “Sebenarnya tidak semua kegiatan PLS berorientasi pada nilai. Bahkan beberapa mahasiswa justru ingin mengadakan kegiatan atas dasar inisiatif mereka sendiri. Dengan sering praktek ke lapangan dan diberi motivasi, maka kepekaan mereka pasti dapat tumbuh.” Pertanyaan terakhir diajukan oleh Asta T.(Ketua Himpunan Mahasiswa PLS UNES), “Apakah ORMAWA PLS UNESA sudah melaksanakan program untuk menanamkan jiwa entrepreneurship?”. Pertanyaan ini ditanggapi oleh Dosen Kemahasiswaan, Ibu Wiwin Yulianingsih, M.Pd, “Untuk Ormawa tidak melaksanakan program kewirausahaan, karena kewirausahaan sudah dipraktekkan dalam salah satu mata kuliah. Ormawa lebih kepada pengenalan PLS melalui program-program kerjanya.”

Setelah diskusi selesai, acara diteruskan dengan pengenalan Himpunan Mahasiswa PLS UNES oleh Ketua HIMA. Kemudian dilanjutkan dengan hiburan untuk menghibur para tamu. Hiburan ini tidak hanya diramaikan oleh mahasiswa jurusan PLS dari UNESA, tapi juga oleh mahsiswa dari UNES. Bahkan Ketua Jurusan PLS UNESA sempa


Loading...

Comments are closed.