Situasi Kelompok Sosial — Makalah PLS IKIP MATARAM

Manusia adalah makhluk multidimensi, manusia berkembang dengan dua fungsi,yaitu sebagai makhluk individu dan sebagai makhluk sosial. Manusia sebagai makhluk yang bersifat individualitas mengembangkan dan mengaktualisasikan dirinya didalam kelompok soSial. Sedangkan manusia sebagai makhluk sosial, merupakan makhluk yang tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Manusia tidak akan bisa menjadi manusia jika tidak hidup dengan manusia. Manusia hanya akan dapat mengembangkan diri jika berinterakasi dengan manusia.

Manusia tidak bisa lepas dari manusia lainnya. Di dalam kehidupan manusia akan selalu terjadi interaksi. Interaksi yang terjadi dapat berupa antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Dalam interaksinya dengan individu atau kelompok lain akan membentuk sikap-sikap individu yang mempengaruhi kepribadiannya. Oleh karena itu manusia membutuhkan kelompok sosial untuk mengembangkan potensi dirinya serta dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

Dalam kelompok sosial individu dapat memperoleh kepuasan dalam pemenuhan kebutuhannya, dia dapat menjadi lebih percaya diri di kelompoknya, lebih merasa dihargai, dan dibutuhkan.Tapi terkadang didalam kelompok social individu juga bisa mengalami kekecewaan, diacuhkan, dan mengalami kesulitan dalam beriteraksi dan beradaptasi.

Ada banyak jenis kelompok sosial di masyarakat. Kelompok social itu sendiri terjadi karena adanya interaksi antara dua orang atau lebih sehingga antara yang satu dengan yang lainnya saling  tergantung sehingga membentuk pola-pola tertentu yang mengikat.

 

Disusun Oleh

- Dian Gustiana
- Sarniati
- Ratna Ayu Komalasari
- Suryani
- Nurhayati
- M.Amin Saleh

SILAHKAH BACA DAN  MENG-COPY DENGAN TINGGALKAN JEJAK COMENT.
Artikel Lengkap silahkan Download di SINI Situasi Kelompok Sosial

 


Loading...

Leave a Comment