Suasana Keakraban Imadiklus Training 2 dan Rapat Koordinasi Wilayah 1 2018

0
Dibaca 165

    Imadiklus Training 2 merupakan serangkaian acara dari Imadiklus yang diawali dari Imadiklus Training 1. Tepat pada tanggal 11-13 Mei 2018 dilaksanakanlah IT 2 sekaligus Rapat Koordinasi Wilayah 1. Wilayah 1 ini terdiri dati UM, UNESA, UNESS, UNEJ, STKIP Catur Sakti Yogyakarta, UNY, IKIP Mataram dan Universitas Nusa Cendana. Kali ini yang menjadi panitia pelaksana yaitu UNY yang diketuai oleh Alberic Kencana Adhi Pradana. Namun kegiatan ini hanya dihadiri oleh UM, UNESA, STKIP Catur Sakti Yogyakarta, dan UNY. Tak hanya dihadiri dari peserta saja, acara inipun dihadiri oleh Ketua Umum Imadiklus, Nur Wahidin. Seperti yang diungkapkan oleh Alberic, salah satu dari beberapa tujuan diadakannya IT 2 ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan diri di bidang ke PLS-an.

Kegiatan ini dimulai pada hari Jum’at (11/5), yang diisi dengan malam keakraban. Malam keakraban ini dilaksanakan di belakang rumah Pak Yudan (Dosen PLS UNY) tepatnya di Desa Gelaran 2, RT 03 RW 16, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta.  Disekelilingnya masih begitu kental suasana alam pedesaannya, ditambah dengan suasana malam yang begitu indah. Gelak canda tawa menghiasi malam keakraban ini.

 

Esoknya (12/5), kegiatan ini diisi dengan materi di Wirawisata Goa Pindul. Materi pertama diisi oleh Pak Sujarwo (Dosen  PLS sekaligus Wakil Dekan 3 FIP UNY) mengenai Perencanaan Program Pendidikan Non Formal. Pada materi ini dibahas bagaimana cara kita merencanakan program Pendidikan Non Formal. Kita harus mengetahui masalah, potensi dan kebutuhan dari masyarakat ketika kita mengidentifikasinya. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua diisi oleh Mas Lian Abdul Aziz (Alumni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa) mengenai Public Speaking. Pada materi ini dibahas mengenai segala hal tentang Publick Speaking, baik tentang tips-tips dalam publick speaking dan lain-lainnya. Pembawaannya yang begitu santai dan akrab, membuat para peserta antusias mendengarkan apa yang disampaikannya.

 

Setelah materi telah usai, para peserta langsung diterjunkan dalam masyarakat, yang sebelumnya telah dibagi beberapa kelompok untuk mediskusikan rencana program yang akan diterapkan untuk anak-anak di TBM Sekebon ataupun Omah Pasinaon. Kegiatan ini salah satu kegiatan yang paling berkesan bagi para peserta, mereka ikut terjun langsung bersama anak-anak di TBM Sekebon dan Omah Pasinaon. Dimana dalam kegiatan ini diisi dengan permainan-permainan yang sekaligus mendidik untuk mereka. Gelak tawa peserta sekaligus anak-anak menggema di lapangan sore itu (12/5).

Kegiatan hari kedua ini diakhiri dengan Rapat Koordinasi Wilayah 1, yang diawali dengan pembacaan Laporan Pertanggungjawaban oleh Mas Imam Badhowi, selaku ketua Badan Pengurus Wilayah 1 periode sebelumnya. Malam ini pun diakhiri dengan pelantikan atas terpilihnya ketua BPW 1 2018/2019, M. Nashirudin Amru dari UNY.

Annisa Dzikri Zahrani, peserta dari UM mengatakan kesan ikut kegiatan ini, “Senang bisa kenal dengan anak UNY, UNESA dan yang lainnya. Dapat pengalaman buat turun langsung ke masyarakat dan senang bisa diterima dengan baik. Tapi sayangnya karena waktu gak pas dengan UM, jadi kebanyakan yang dari UM gak bisa ikut outboundnya. Waktunya kurang pas aja, tapi udah seru banget kemaren.”

Serangkaian acara ini ditutup dengan kegiatan Outbound di Wirawisata Goa Pindul. Outbound ini diisi dengan permainan-permainan yang melatih kekompakan antar tim. Keseruanpun memuncak dengan menyusururi Goa Pindul.

Elis Nur Rahmawati, salah satu peserta dari UNESA mengatakan mengenai outbound ini, “Acaranya sangat seru, bisa mengolah konsentrasi dan kerjasama antar tim, seru parah lah.”

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here