Teknik-Teknik Identifikasi Sumber Belajar

Teknik – Teknik Identifikasi Kebutuhan Belajar Teknik identifikasi kebutuhan belajar adalah cara pengumpulan data atau informasi. Sebagai teknik dia t...

Juara 4 Miss Indonesia 2016 Miss Lampung, Kidung Paramadita PLS UNNES
Imadiklus Training 1 Unesa 2016 – Versi 1

Teknik – Teknik Identifikasi Kebutuhan Belajar

Teknik identifikasi kebutuhan belajar adalah cara pengumpulan data atau informasi. Sebagai teknik dia tidak mengikat melainkan lurus (flexible) untuk dipilih mana yang paling cocok untuk dipakai pada suatu kegiatan tertentu. Sasaran pokok harus dapat  dikumpulkan datanya atau informasi mengenai kebutuhan belajar masyarakat dengan selengkap mungkin sehingga dapat dipakai landasan belajar bagi penyusunan program kegiatan.

Teknik – teknik identifikasi kebutuhan belajar ini dapat ditempuh dengan duajalur, yaitu:

  1. Jalur komunikasi langsung
  2. Jalur komunikasi tidak langsung

Secara garis besar dari keempat jalur komunikasi langsung diperoleh bahwa wawancara adalah contoh komunikasi langsung yang paling nyata dan konkrit, sedangkan ceramah dan penyuluhan adalah contoh komunikasi langsung tetapi yang masih ada antara pihak ke satu dengan pihak kedua. Dan dalam jalur komunikasi tidak langsung angket adalah teknik yang paling menyeluruh, artinya angket dapat meliput data dengan kualitas yang lebih baik dibanding dengan teknik-teknik yang lain.

Oleh
Gita Amanda dan Kelompok 3
PLS UNESA

COMMENTS

WORDPRESS: 0