TEORI PEMBELAJARAN “Metode Simulasi”

3
Dibaca 73.975

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Metode mengajar merupakan cara yang digunakan guru dalam memebelajarkan siswa agar terjadi interaksi dan proses belajar yang efektif dalam pembelajaran. Setiap metode mengajar  memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam membentuk pengalaman balajar siswa, tetapi satu dengan yang lainnya saling menunjang.

Dalam kegiatan belajar ini akan dikemukakan tantang konsep, karakteristik, prosedur, keterbatasan, dan keunggulan metode mengajar simulasi yang mungkin banyak digunakan oleh guru.

Penggunaan metode mengajar yang didasarkan pada pembentukan kemampuan siswa, seperti memiliki kreativitas. Setiap metode mengajar memiliki keunggulan dan kekurangan sehingga hal tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih metode tersebut. Kelemahan-kelemahan metode harus diantisipasi dan dikaji oleh guru agar penggunaannya dapat efektif.

Dalam pengajaran modern teknik ini telah banyak di laksanakan sehingga siswa bisa berperan seperti orang-orang atau dalam keadaan yang dikehendaki. Simulasi adalah tingkah laku seseorang untuk berlaku seperti orang yang dimaksudkan dengan tujuan agar orang itu merasa dan berbuat sesuatu. Jadi siswa itu berlatih memegang peranan sebagai orang lain. Simulasi mempunyai bermacam-macam bentuk pelaksanaan ialah : peer-teaching, socialdrama, psikodrama, simulasi game, dan rope playing.

Contohnya : siswa melatih mengajar di depan kelas berperan sebagai guru. Dalam pengajaran konpeksi, siswa berperan sebagai manajer, penggunting bahan, penjahit, penyetrika, pengepak, pengelola keuangan, dll. Mereka sedang memerankan sekelompok orang yang mengelola konpeksi pakaian.

1.1  RUMUSAN MASALAH

1.2.1 Apa pengertian dari metode simulasi?
1.2.2 Apa tujuan dari metode simulasi?
1.2.3 Apa saja jenis- jenis metode simulasi?
1.2.4 Bagaiamana Karakteristik meode simulasi?
1.2.5 Bagaimana prosedur metode simulasi?
1.2.6 Persyaratan apa saja yang mengoptimalkan metode simulasi?
1.2.7 Apa kelemahan dan kelebihan metode simulasi?
1.2.8 Apa peranan guru dalam metode simulasi? 

3 KOMENTAR

  1. Semat malam admin, saya dari blog pembelajaran yang tautannya ada pada komentar ini. Izin menyimak, min. Saya adalah blogger sekaligus seorang guru. Melalui komentar ini saya ingin berbagi pengalaman. Siswa saya sangat antusias ketika mereka diajak untuk belajar dengan metode role playing. Siswa yang selama ini diam dan pasif tiba-tiba menjadi sosok yang aktif dalam memainkan sebuah peran yang ia sukai. Role playing memang benar-benar metode yang mengasyikkan.

Tinggalkan Balasan