Tips Menulis Skripsi — Versi mahasiswa PLS UM

TIPS MENULIS SKRIPSI, Skripsi menurut definisi penulis yaitu sebuah tulisan yang dibuat berdasar penelitian dilapangan, menggunakan metode-metode penelitian, dan disusun berdasar kaidah penulisan secara ilmiah. Skripsi atau TA (tugas akhir) biasa menjadi bagian dari tugas mahasiswa di paling akhir semester dan tentunya menjadi syarat kelulusan. Kegiatan penulisan skripsi tentunya akan menyiksa jika tidak dibarengi keseriusan dan sikap enjoy dalam mengerjakannya. Tulisan ini dibuat untuk saling share pengalaman berdasar pengalaman yang dialami penulis. Berikut tahap-tahap dan trik dalam mengadapi atau menulis skripsi:

 1. Pahami Metode Penelitian dan Pendekatan penelitian secara Utuh
Sebelum menentukan tema penelitian, objek penelitian, dan terjun ke lapangan alangkah baiknya memahami metode dan pendekatan yang digunakan untuk penelitian. Pemahaman terhadap metode dan pendekatan penelitian secara utuh akan mempermudah peneliti dalam pengklasifikasian masalah pada metode yang digunakan. Peneliti juga tidak disibukkan baca buku (tentang metode penelitian) secara detail ketika di lapangan karena hal tersebut akan membuat penggalian data jadi terhambat.

 2. Penentuan Tema
Untuk memulai penelitian usahakan tidak memulainya dari sebuah judul, tapi mulailah dari tema yang relevan dengan minat dan disiplin ilmu yang anda kuasai.

 3. Memulai Judul dari Sebuah Hasil Observasi
Setelah menentukan tema yang diambil, peneliti hendaknya turun lapangan untuk melakukan observasi pra penelitian. Pilih lokasi sesuai dengan tema yang diambil. Tujuan dari observasi ini adalah menggali informasi sedalam mungkin (tanpa mencari-cari masalah untuk dijadikan judul dalam objek penelitian) dan dari hasil observasi baru dapat dirumuskan sebuah judul yang apik dan cocok untuk dijadikan penelitian.

 4. Konsultasikan Judul kepada Dosen Pembimbing
Setelah memperoleh judul, lakukan konsultasi setelah anda mendapatkan daftar judul yang sudah dirumuskan. Ingat, konsultasi yang intens pada dosen pembimbing membuat anda semakin cepat untuk menyeleseikan skripsi. Catatlah masukan-masukan yang dosen berikan dosen untuk penyempurnaan judul skripsi anda.

 5. Melakukan Penelitian lapangan
Ketika judul disetujui, tahap selanjutnya yaitu peneliti melakukan penelitian lapangan. Sebelum terjun lapangan, hendaknya peneliti membuat jadwal terlebih dahulu. Pembuatan jadwal akan mempermudah peneliti untuk menentukan objek-objek penelitian dalam judul penelitian. Penjadwalan secara runtut juga akan mempermudah dalam manajemen waktu penelitian. Saat dilapangan siapkan alat-alat yang dibutuhkan dalam pencatatan. Jika anda melakukan penelitian metode kualitatif, gunakan alat perekam (tape recorder dengan kualitas baik).

6. Melakukan Pengolahan Data dan Penyusunan
Setelah data hasil penelitian terkumpul tahap selanjutnya adalah pengolahan data yang diperoleh, lakukan pengolahan data secara serius dan fokus karena jika anda kurang fokus maka hasil data yang sudah diolah bisa jadi timbul ketidak validan atau ada yang belum tepat. Karena pengolahan data membutuhkan ketelitian ekstra.

7. Lakukan Konsultasi (pada dosen pembimbing) dalam bentuk Skripsi
Setelah draf skripsi lengkap dan sudah tersusun lakukan konsultasi INTENS dengan dosen pembimbing dan lakukan revisi CEPAT dan TEPAT  jika anda ingin menyeleseikan skripsi dengan cepat. Komunikasikan dengan baik (Tanya) hasil revisi sebelumnya jika yang sudah anda revisi dipertanyakan lagi dalam konsultasi berikutnya.

8. Ujian Skripsi
Draf skripsi sudah disetujui untuk diuji tahap selanjutnya adalah ujian, yang pertama anda harus lakukan adalah RILEKS karena jika anda tidak RILEKS ketika akan atau saat menghadapi ujian bisa membubarkan isi pikiran anda ketika ujian. Refresing H-1 sebelum ujian sangat dianjurkan.

Demikian Tips ini kami buat berdasar pengalaman setelah menyusun skripsi. Budayakan SUKA MENULIS dan MEMBACA dengan CERMAT jauh-jauh hari sebelum anda menginjakkan kaki menulis skripsi karena kegiatan MENULIS dan MEMBACA secara CERMAT akan mempermudah anda dalam menyusun skripsi. Dan Budayakan selalu terbuka dengan teman (tidak pandang angkatan yang penting mampu) untuk melakukan sharing karena dengan sharing kadang dapat memunculkan ide-ide baru yang dapat membantu anda dalam pengerjan skripsi.

Terakhir, PAHAMI KARAKTER DOSEN PEMBIMBING anda karena kadang dosen punya karakter berbanding terbalik dengan anda dan mengharuskan anda “mengikuti” arus karakter tersebut. Mulailah untuk DISIPLIN WAKTU dalam proses penggarapan skripsi karena ketika anda tidak DISIPLIN WAKTU makan akan mustahil bagi anda memperoleh hasil maksimal dan lulus sesuai dengan harapan anda. Paling akhir, semoga share pengalaman ini dapat bermanfaat dan anda dapat menyeleseikan skripsi sesuai harapan anda. GOOD LUCK. (red.Kid)


Loading...

Leave a Comment

  • 10697323_802774583098010_7318506738031481139_o